REPRESENTASI KRITIK SOSIAL DI BALIK LIRIK LAGU (Studi Semiotik terhadap Lirik Lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” dari Slank dalam Album Mata Hati Reformasi)

FERRY , ARDIANSYAH, (2010) REPRESENTASI KRITIK SOSIAL DI BALIK LIRIK LAGU (Studi Semiotik terhadap Lirik Lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” dari Slank dalam Album Mata Hati Reformasi). Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" JATIM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (208Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (246Kb)

      Abstract

      Penelitian ini berusaha mengungkap representasi yang terkandung pada lirik lagu naik-naik ke puncak gunung dari Slank sebagai ungkapan kritik sosial terhadap berbagai masalah atau fenomena yang sedang terjadi di masyarakat. Landasan teori penelitian ini adalah komunikasi verbal, semiotika, semiotika Roland Barthes, representasi, makna kritik dan bahasa, kritik sosial, budaya kritik di Indonesia, makna dalam kata, perubahan makna, lirik lagu.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik Barthes. Teknik analisa data yang digunkana pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Corpus dari penelitian ini adalah lirik-lirik lagu yang merepresentasikan kritik sosial. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa masih banyak pejabat yang bertindak seenaknya, dan melakukannya hanya untuk kepentingan pribadi Tanpa berpikir tentang kepentingan rakyatnya, terutama kepentingan rakyat kecil. Kesimpulan dengan banyaknya permasalahan-permasalahan yang dialami negara Indonesia, dari yang diakibatkan oleh sikap-sikap para pejabat pemerintah yang bertindak seenaknya, yang seharusnya kepentingan rakyat itu diatas segala-galanya.. Kata Kunci : Semiotika Barthes,Lirik Lagu Naik-Naik Ke Puncak Gunung, Kritik

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 28 Feb 2011 15:28
      Last Modified: 28 Feb 2011 15:29
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/376

      Actions (login required)

      View Item