REPRESENTASI PENCARIAN JATI DIRI DALAM NOVEL “THE LOST BOY” KARYA DAVE PELZER (studi semiologi representasi pencarian jati diri seorang anak dalam novel “the lost boy” karya dave Pelzer)

RAISSA , MATHILDA, (2010) REPRESENTASI PENCARIAN JATI DIRI DALAM NOVEL “THE LOST BOY” KARYA DAVE PELZER (studi semiologi representasi pencarian jati diri seorang anak dalam novel “the lost boy” karya dave Pelzer). Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" JATIM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (376Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (161Kb)

      Abstract

      Penelitian ini menaruh perhatian pada adanya keinginan untuk mencari jati diri seorang anak korban child abuse yang hidup tanpa kedua orang tuanya. Walaupun hanya diasuh oleh dinas sosial, berpindah-pindah dari rumah ke rumah yang mau menampungnya, dan tak pernah ada kepastian bagaimana hidupnya kedepan, namun semangat hidup untuk mencari jati dirinya tak pernah pudar. Didalam novel “The Lost Boy” ini menceritakan secara detail bagaimana kehidupan Dave Pelzer dan perjuangannya mencari jati setelah dia lepas dari keluarganya. Pencarian jati diri adalah suatu konsep yang menjelaskan bahwa manusia mempunyai tahap-tahap perkembangan dalam hidupnya. Ada tahap dimana seseorang mulai bertanya “siapa aku” dan mulailah pencarian jati diri atau masa mencari identitas diri yang berpengaruh pada peranannya dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori semiologi Roland Barthes, yang dimana ia memaknai teks pada novel “the lost boy”. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan konsep dan melibatkan leksia sebagai subyek tanda (sign), obyek (object), dan penafsiran (interpretant). Penafsiran data ialah salah satu diantara tiga tujuan berikut : deskripsi semata-mata, deskripsi analitik, dan teori subtantif. Penelitian ini hanya bertujuan untuk deskripsi semata.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 28 Feb 2011 15:42
      Last Modified: 28 Feb 2011 15:43
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/378

      Actions (login required)

      View Item