PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK PRODUK SMARTPHONE DARI NOKIA KE BLACKBERRY SURABAYA

Atik , Indrawati (2012) PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK PRODUK SMARTPHONE DARI NOKIA KE BLACKBERRY SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1) - Published Version
Download (1561Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1562Kb)

      Abstract

      Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena munculnya berbagai merek-merek baru khususnya untuk kategori produk smartphone. Smartphone Nokia kini mulai tersaingi oleh merek-merek lainnya, hal ini ditandai dengan tingginya tingkat perpindahan merek dari smartphone Nokia ke smartphone merek lain. Dengan meningkatnya perpindahan merek, Nokia yang berada di posisi kedua perlu mempelajari alasan-alasan mengapa pelanggan berpindah ke smartphone merek lain? Berdasarkan data yang diperoleh bahwa terjadi penurunan brand indeks dan pergeseran ICSA smartphone Nokia di tahun 2009-20011. Dimana Nokia mengalami penurunan yaitu 72% di tahun 2010 kini menjadi 39,8% di tahun 2011, atau mengalami derajat penurunan sebesar 32,2%. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketidakpuasan konsumen dan iklan terhadap keputusan perpindahan merek (Brand Switching) pada produk smartphone dari Nokia ke Blackberry di Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik analisis yang dipergunakan adalah Structural Equation Modeling [SEM] untuk mengetahui kausalitas antar variabel yang dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa faktor Ketidakpuasan Konsumen berpengaruh positif terhadap faktor Brand Switching, tidak dapat diterima atau signifikan (negatif), dan faktor Iklan berpengaruh positif terhadap faktor Brand Switching, dapat diterima atau signifikan (positif). Artinya, model konseptual yang dikembangkan dan dilandasi oleh teori tidak sepenuhnya didukung oleh fakta. Kata Kunci : Customer Disastifaction, Advertisment, Brand Switching

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior
      H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior > HF5415.335 Consumer Satisfaction
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 27 Sep 2012 16:15
      Last Modified: 27 Sep 2012 16:15
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3802

      Actions (login required)

      View Item