Pengaruh Faktor Pendorong Kreativitas Program Pemasaran Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Penelitian PT. ABC President Jatim)

Mashudi , Nurul Amin (2010) Pengaruh Faktor Pendorong Kreativitas Program Pemasaran Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Penelitian PT. ABC President Jatim). Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (107Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (388Kb)

      Abstract

      Persaingan antar perusahaan yang semakin ketat menuntut perusahaan memberikan pelayanan yang maksimal dan mengerti kebutuhan konsumen. Untuk menghasil nilai lebih (superior value) diperlukan pengembangan inovatif, untuk itu diperlukan strategi pemasaran, karena strategi pemasaran adalah alat fundamental untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing. Kreativitas merupakan komponen penting untuk menciptakan strategi yang unik serta menarik. Menghadapi persaingan pasar yang ketat, menerapkan kreativitas strategi pemasaran merupakan suatu keharusan. Obyek penelitian ini adalah PT. ABC President yang mengalami penurunan penjualan pada tahun 2008. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik individu, motivasi individu, komitmen sumber daya, dan perpaduan kelompok terhadap kreativitas program pemasaran. Serta untuk mengetahui kreativitas program pemasaran terhadap peningkatan kinerja pemasaran. Variable yang digunakan antara lain karakteristik individu (x1), motivasi individu (x2), komitmen sumber daya (x3), perpaduan kelompok kerja (x4), kreativitas program pemasaran (z) dan kinerja pemasaran (Y). Variabel dalam penelitian ini menggunakan skala interval dengan menggunakan semantic differential scale sebagai teknik pengukurannya. Seluruh karyawan PT. ABC President bagian penjualan yang berjumlah 135 orang, digunakan sebagai populasi, dengan jumlah sample sebanyak 110 orang. Model analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah structural equation model (sem). Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian ini adalah, bahwa karakteristik individu, motivasi individu, komitmen sumber daya dan perpaduan kelompok kerja berpengaruh positif terhadap kreativitas program pemasaran, dan dapat terbukti kebenarannya. Dan kreativitas program pemasaran juga berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja pemasaran.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 28 Feb 2011 16:19
      Last Modified: 28 Feb 2011 16:19
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/382

      Actions (login required)

      View Item