PERAN PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI TEH BOTOL SOSRO (Studi Kasus di UPN Veteran Surabaya)

Dita , Setya Permatasari (2012) PERAN PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI TEH BOTOL SOSRO (Studi Kasus di UPN Veteran Surabaya). Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img] PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1129Kb)
    [img]
    Preview
    PDF (cover - bab 1) - Published Version
    Download (1129Kb) | Preview

      Abstract

      Produk yang berkualitas dengan harga bersaing merupakan kunci utama dalam memenangkan persaingan, yang pada akhirnya akan dapat memberikan nilai kepuasan yang lebih tinggi kepada pelanggan. Munculnya berbagai jenis produk minuman menjadikan persaingan pasar semakin ketat dari satu jenis produk minuman telah ada banyak merek yang mendominasi produk tersebut. Produk minuman tersebut telah dimodifikasi dengan kemasan rasa dan harga yang bervariasi. Perkembangan lingkungan dapat menyebabkan perubahan pada kebutuhan dan keinginan seseorang. Demikian juga dengan berkembangnya produk minuman yang beredar termasuk minuman teh siap saji. Minuman siap saji yang tersedia dipasar dapat dibedakan berdasarkan jenis kemasannya, seperti minuman teh dalam kemasan botol, kaleng dan karton. Banyaknya merek-merek minuman yang beredar di masyarakat mengindikasikan bahwa persaingan dalam industri minuman semakin ketat. Persaingan yang begitu ketat terlihat bukan hanya terbatas dari minuman teh dalam kemasan saja. Berdasarkan data penjualan pada PT. Sinar Sosro terdapat empat merek, yaitu Teh Botol Sosro, Fruit Tea, Joy Tea, TEBS. Adanya fenomena tersebut menyebabkan pelanggan dihadapkan pada berbagai pilihan produk yang pada akhirnya bisa memungkinkan pelanggan untuk beralih ke merek lain, terlebih lagi jika merek tersebut membuat suatu perubahan dan menawarkan karakteristik produk yang lebih unggul dari berbagai sudut atributnya sehingga produsen perlu memperhatikan atribut produknya yang merupakan unsurunsur yang dipandang penting oleh konsumen untuk dijadikan pengambilan keputusan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang mengenal produk Teh Botol Sosro di Kampus UPN Veteran Surabaya. Sampel yang diambil adalah sebesar 110 responden. Data yang dipergunakan adalah data primer yaitu data yang berdasarkan kuisioner hasil jawaban responden. Sedangkan analisis yang dipergunakan adalah Structural Equation Modelling. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan telah didapatkan bahwa : a) Atribut Produk tidak berpengaruh terhadap Minat Beli (Negatif, Tidak Signifikan) ; b) Harga tidak berpengaruh terhadap Minat Beli (Positif, Tidak Signifikan) Keywords : Atribut Produk, Harga dan Minat Beli

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5410 Marketing. Distribution of products
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 26 Sep 2012 13:50
      Last Modified: 26 Sep 2012 13:50
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3824

      Actions (login required)

      View Item