PEMETAAN TINGKAT KEPADATAN VOLUME KENDARAAN PADA RUAS JALAN JETIS – KARAH DENGAN METODE LINEAR

ARYA , RADITYA (2012) PEMETAAN TINGKAT KEPADATAN VOLUME KENDARAAN PADA RUAS JALAN JETIS – KARAH DENGAN METODE LINEAR. Undergraduate thesis, Faculty of Civil Engineering And Planning.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I)
Download (154Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (1093Kb)

      Abstract

      PEMETAAN TINGKAT KEPADATAN VOLUME KENDARAAN PADA RUAS JALAN JETIS – KARAH DENGAN METODE LINEAR ARYA RADITYA 0553310102 ABSTRAK Kemacetan pada ruas jalan kota Surabaya, yaitu pada ruas jalan Jetis – Karah merupakan permasalahan pelik yang berdampak luas kepada masyarakat pengguna jalan serta pelaku ekonomi. Kemacetan berhubungan dengan volume lalu lintas yang melintasi ruas jalan tersebut. Pada penelitian ini dilakukan analisa berhubungan antara volume lalu lintas dengan kepadatan jumlah penduduk pada sepanjang jalan Jetis – Karah. Kemacetan tersebut juga dipicu karena perkembangan kota Surabaya yang begitu pesat sehingga membuat kemacetan pada ruas jalan tertentu. Sesuai fungsinya, Sistem Infirmasi Geografis (SIG) yang menggunakan software Arc View diharapkan mampu memberi informasi dan memetakan sistem jaringan rute pergerakan kendaraan bermotor dengan baik, sehingga pengguna SIG dapat memperoleh manfaat secara maksimal tentang rute pergerakan kendaraan bermotor dari ruas jalan Jetis – Karah. Dengan adanya Sistem Informasi Georgrafis (SIG) dapat diketahui kondisi aktual ruas jalan Jetis – Karah tentang informasi derajat kejenuhan (DS), kapasitas (C), arus kendaraan (Q). Dari hasil perhitungan diperoleh nilai derajat kejenuhan (DS) paling tinggi adalah pada segmen I (Jl. Jetis Baru – Jl. Pulo Wonokromo) dengan nilai DS = 0,91 (jalur 1 pagi) dan segmen II (Jl. Pulo Wonokromo – Jl. Ketintang Barat) dengan nilai DS = 0,92 (jalur 1 pagi), untuk nilai kapasitas (C) paling tinggi adalah pada segmen III (Jl. Ketintang Barat – Jl. Karah) dan IV (Jl. Karah – Jl. Bibis Karah) dengan nilai (C) = 3183,04 smp/jam (pagi dan sore hari)paling ramai segmen I (Jl. Jetis Baru – Jl. Pulo Wonokromo) dengan nilai arus kendaraan (Q) = 2714,4 smp/jam (pagi hari) dan segmen II (Jl. Pulo Wonokromo – Jl. Ketintang Barat) dengan nilai arus kendaraan (Q) = 2746,9 smp/jam (pagi hari). Kata kunci : Sistem Informasi Geografis, Peta Tematis, Kapasitas dan Tingkat Pelayanan, Derajat Kejenuhan

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
      T Technology > TF Railroad engineering and operation
      Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 27 Sep 2012 14:33
      Last Modified: 27 Sep 2012 14:33
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3844

      Actions (login required)

      View Item