ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Rendhi , Kurniadi (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (114Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (305Kb)

      Abstract

      Perusahaan yang cenderung menggunakan sumber dana eksternal untuk mendanai tambahan investasi akan membagikan deviden yang lebih besar. Untuk itulah manajer harus dapat menentukan kebijakan deviden yang memberikan keuntungan kepada investor, disisi lain harus menjalankan perusahaan dengan tingkat pertumbuhan yang diharapkan. Pembagian deviden bertujuan untuk memaksimumkan kemakmuran pemegang saham atau nilai perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai saham. Untuk mencapai tujuan tersebut melibatkan dua pihak yang berkepentingan dalam pembagian deviden yaitu investor dan emiten. Dari sisi investor, deviden merupakan salah satu penyebab timbulnya motivasi investor menanamkan dananya di pasar modal. Investor lebih menyukai deviden daripada capital gain, alasanya adalah deviden merupakan penerimaan yang lebih pasti dibanding dengan capital gain. Mereka menganggap bahwa deviden sekarang lebih berharga dari pada capital gain yang diterima dikemudian hari. Berdasarkan uraian diatas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Cash position, Growth potential, firm sizes, debt to equity ratio terhadap dividend payout ratio pada perusahaan manufacture yang go public di BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufacture yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berjumlah 155 perusahaan mulai tahun 2006 sampai dengan tahun 2008 dan sampel pada penelitian ini sebanyak 12 perusahaan manufacture. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik pemilihan sampel yang dilaksanakan dengan cara pengambilan subyek berdasarkan atas tujuan atau kriteria tertentu. Untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan teknik analisis uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian diatas variabel Cash Position secara parsial tidak berpengaruh terhadap Dividen Payout Ratio, variabel Growth Potential secara parsial berpengaruh terhadap Dividen Payout Ratio, variabel Size secara parsial berpengaruh terhadap Dividen Payout Ratio, variabel Debt Equity to Ratio secara parsial tidak berpengaruh terhadap Dividen Payout Ratio.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 28 Feb 2011 17:04
      Last Modified: 28 Feb 2011 17:04
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/389

      Actions (login required)

      View Item