PENGARUH SIKAP DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP MINAT BELI PADA GREEN PRODUCT COSMETICS

HENDRI , YOSIANA (2012) PENGARUH SIKAP DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP MINAT BELI PADA GREEN PRODUCT COSMETICS. Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1) - Published Version
Download (1347Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1347Kb)

      Abstract

      Banyak perusahaan yang memproduksi produk-produk yang menarik dan berusaha melakukan inovasi, baik dalam hal inovasi produk seperti pembaruan atribut produk maupun inovasi promosi bahkan beralih dan mengubah strategi perusahaan ke bisnis hijau membuat masyarakat yang bertindak sebagai konsumen yang sebelumnya dalam mengkonsumsi produk tidak memikirkan dampaknya bagi lingkungan, kini mulai mengalami pergeseran dengan mengkonsumsi produk yang lebih memperhatikan lingkungan. Sari Ayu Martha Tilaar merupakan salah satu perusahaan kosmetik yang menghasilkan produk kosmetik bernuansa ketimuran dan mengandung bahan alami. Produk kosmetik perusahaan Sari Ayu Martha Tilaar sudah dikenal sebagai salah satu produk hijau kosmetik (Green Product Cosmetics) di Indonesia bahkan dunia. Dari fenomena selama tahun 2009-2011, penjualan maupun brand indeks Sari Ayu tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pihak manajemen perusahaan, turunnya minat beli konsumen akan produk Sari Ayu ini kemungkinan disebabkan adanya sebuah kejenuhan dan bermunculan produk kosmetik baru dengan berbagai variasi, kemasan yang informatif, memberikan kualitas yang bagus dan harga yang cukup bersaing. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap dan atribut produk terhadap minat beli pada green product cosmetics (Produk Sari Ayu Martha Tilaar) di Surabaya. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 112 responden dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik analisis yang dipergunakan adalah Structural Equation Modeling untuk mengetahui kausalitas antar variabel yang dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa faktor Sikap Konsumen berpengaruh positif terhadap faktor Minat Beli, tidak dapat diterima atau tidak signifikan (negatif), dan faktor Atribut Produk berpengaruh positif terhadap faktor Minat Beli, dapat diterima atau signifikan (positif). Artinya, model konseptual yang dikembangkan dan dilandasi oleh teori tidak sepenuhnya didukung oleh fakta. Kata Kunci : Sikap Konsumen, Atribut Produk, Minat Beli

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 17 Oct 2012 13:29
      Last Modified: 17 Oct 2012 13:29
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3895

      Actions (login required)

      View Item