““Pengaruh Keahlian Audit Dan Independensi Terhadap Pendapat Auditor (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Surabaya)”

ELIZABETH , MESSAKH (2010) ““Pengaruh Keahlian Audit Dan Independensi Terhadap Pendapat Auditor (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Surabaya)”. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (52Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (601Kb)

      Abstract

      Untuk meyakinkan para pemakai laporan keuangan terhadap kewajaran laporan keuangan, pihak manajemen perusahaan dapat meminta jasa dari pihak ketiga yaitu auditor. Seorang auditor sebelum melaksanakan tugasnya harus merencanakan penugasannya dengan baik. Seorang auditor harus mempunyai keahlian dan kompetensi terlebih dahulu sebelum ia dapat menjadi independen, karena seorang auditor yang tidak kompeten maka ia tidak mungkin dapat bertindak independen dalam menyelesaikan tugas-tugas auditnya. Auditor yang tidak kompeten cenderung bergantung pada pendapat orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas auditnya, karena sangat terbatas pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. Sekarang ini masih banyak masalah mengenai pembekuan izin akuntan publik..Kejadian tersebut menyebabkan timbulnya keraguan atas integritas auditor Para pengguna jasa Kantor Akuntan Publik sangat mengharapkan agar para auditor dapat memberikan pendapat yang tepat, namun dalam praktek masih kerap kali terjadi pemberian pendapat akuntan yang tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam SPAP (Standar Profesional Akuntan Publik). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh keahlian audit dan independensi terhadap pendapat auditor. Sampel yang digunakan dalam penelitan ini adalah 24 Auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Surabaya, Sedangkan Jenis data yang digunakan adalah data primer, dan sumber data yang digunakan berasal dari jawaban kuesioner yang disebar pada 24 (dari 44 Kuesioner yang disebar hanya 24 yang kembali), Kuesioner yang disebarkan tersebut terdiri dari 18 pernyataan yang dibagi menjadi 3 bagian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan alat bantu komputer, yang menggunakan program SPSS. 16.0 For Windows Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 yang menyatakan diduga keahlian audit berpengaruh terhadap pendapat auditor, teruji kebenarannya, dan hipotesis 2 yang menyatakan diduga independensi berpengaruh terhadap pendapat auditor, teruji kebenarannya. Keyword : Keahlian Audit, Independensi Auditor, dan Pendapat Auditor

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 28 Feb 2011 21:25
      Last Modified: 28 Feb 2011 21:25
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/392

      Actions (login required)

      View Item