Representasi Perilaku Antisosial Pada Iklan Surya 12 Premium (Studi Semiotik Terhadap Iklan Surya 12 Premium Versi “Taklukan Tantanganmu” di Televisi).

OKI , FIRMANSYAH, (2010) Representasi Perilaku Antisosial Pada Iklan Surya 12 Premium (Studi Semiotik Terhadap Iklan Surya 12 Premium Versi “Taklukan Tantanganmu” di Televisi). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (110Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (293Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada fenomena timbulnya kekhawatiran akan merosot dan berubahnya nilai – nilai dan norma – norma yang beredar dimasyarakat. Hal ini diperparah dengan semakin gencarnya tayangan yang berbau antisosial di televisi. Ini memungkinkan seseorang tidak lagi memperdulikan orang lain sehingga mempermudah seseorang untuk meniru dan melakukan perilaku antisosial yang terdapat pada tayangan – tayangan tersebut. Salah satu tayangan iklan di televisi yang juga menunjukan perilaku antisosial adalah iklan Surya 12 Premium versi “Taklukan Tantanganmu”. Penelititan ini menaruh perhatian pada perilaku – perilaku antisosial dalam iklan Surya 12 Premium versi “Taklukan Tantanganmu” yang dilakukan oleh tokoh pemuda. Teori yang digunakan adalah teori semiotika John Fiske dan teori semiotika Charles S. Pierce, diman kedua teori tersebut saling menunjang satu sama lain. Metode yang digunakan adalah analisis semiotik yang termasuk penelitian kualitatif dengan cara merepresentasikan tanda – tanda melalui perilaku antisosial yang dilakukan tokoh pemuda menggunakan teori semiotika fiske (level realitas, level representasi dan level ideologi) dan teori semiotika pierce (ikon, indeks dan simbol). Elemen – elemen yang digunakan level realitas yaitu setting; penampilan dan kostum; suara dan musik. Untuk level representasi elemen – elemen yang digunakan adalah teknik kamera dan penataan musik. Dari beberapa analisis yang sudah penulis teliti maka penulis menyimpulkan perilaku tokoh pemuda yang terdapat pada iklan Surya 12 Premium versi “Taklukan Tantanganmu” ini merupakan perilaku antisosial. pada iklan ini, perilaku antisosialnya berbentuk dalam tindakan kriminal, yaitu perilaku yang secara nyata telah melanggar norma hukum baik tertulis maupun tidak dan membahayakan keselematan orang lain. Serta dalam bentuk perilaku nonconform, yaitu perilaku yang tidak sesuai dengan nilai – nilai dan norma – norma yang ada.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 28 Feb 2011 21:43
      Last Modified: 28 Feb 2011 21:43
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/394

      Actions (login required)

      View Item