KEPUASAN PEMBACA TERHADAP RUBRIK DBL PADA HARIAN JAWA POS (Studi Deskkriptif Tentang Kepuasan Pelajar SMA di Surabaya Dalam Membaca Rubrik DBL)

KANTI , WAHYUNING TIAS (2010) KEPUASAN PEMBACA TERHADAP RUBRIK DBL PADA HARIAN JAWA POS (Studi Deskkriptif Tentang Kepuasan Pelajar SMA di Surabaya Dalam Membaca Rubrik DBL). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (93Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF - Published Version
    Download (374Kb) | Preview
      [img] PDF - Published Version
      Restricted to Repository staff only

      Download (374Kb)

        Abstract

        Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui kesenjangan antara kepuasan yang diinginkan (Gratification Sought) dari motif informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial dan hiburan pada pembaca di wilayah Surabaya ketika membaca rubrik DBL pada harian Jawa pos dengan kepuasan yang diperoleh (Gratification Obtained) setelah membaca rubrik DBL pada harian Jawa pos. Penelitian ini mengambil populasi pembaca pelajar SMA atau usia 16 – 18 tahun di wilayah Surabaya. Dipilihnya pembaca pelajar SMA atau usia 16 – 18 tahun, karena pelajar SMA termasuk usia remaja dimana seseorang mulai menggunakan nalar serta akal sehingga di dalam dirinya muncul keinginan untuk dapat memenuhi rasa keingintahuannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Uses and Gratification, dimana intinya khalayak pada dasarnya menggunakan media massa berdasarkan motifmotif tertentu. Ada empat motif menggunakan media massa yang digunakan Mc Quail, yaitu motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi social, dan motif hiburan. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan analisis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan ini bertujuan menggambarkan kepuasan terhadap penggunaan media Harian Jawa Pos. kepuasan ini diukur dengan melihat kesenjangan antara kepuasan yang diharapkan (Gratification Sought) dengan kepuasan yang diperoleh (Gratification Obtained) setelah membaca Harian Jawa pos. Penelitian ini menggunakan metode Pupossive Sampling dengan responden sebanyak 100 responden untuk mengisi kuisioner. Metode analisis data sebagai uji hipotesis adalah menggunakan rumus statistic uji-t. Uji-t dilakukan dengan membandingkan mean skor GS sebelum dengan mean skor GO sesudah membaca rubric DBL pada Harian Jawa Pos. Tujuannya untuk mengetahui ada tidaknya kesenjangan kepuasan dari perbedaan yang signifikan apakah rubric DBL pada Harian Jawa Pos sudah bisa memuaskan pembacanya atau tidak. Dari data yang terkumpul, diperoleh kesimpulan bahwa pada dua motif, yaitu pada motif informasi dan motif hiburan, rubric DBL pada Harian Jawa Pos sudah dapat memuaskan pembacanya dengan berita yang disajikan. Sedangkan untuk dua motif yang lainnya, yaitu motif identitas pribadi dan motif integrasi dan interaksi sosial, rubric DBL pada Harian Jawa Pos belum dapat memuaskan pembacanya. Ini semua dapat dilihat dari perbedaan mean sebelum membaca rubric DBL pada Harian Jawa Pos (Gratification Sought) dengan sesudah membaca rubric DBL pada Harian Jawa Pos (Gratification Obtained). Kata kunci : Kepuasan, Harian Jawa Pos, Kanti Wahyuning Tias.

        Item Type: Thesis (Undergraduate)
        Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
        Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
        Depositing User: Users 8 not found.
        Date Deposited: 28 Feb 2011 22:04
        Last Modified: 28 Feb 2011 22:04
        URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/397

        Actions (login required)

        View Item