Maskulinitas pria pada iklan parfum Watchout dalam majalah Men’s Fitness?” (Studi Semiotik iklan parfum Watchout versi pria maskulin dalam majalah men”s fitness)”

SEPTA AUDITYA , NUGRAHA (2010) Maskulinitas pria pada iklan parfum Watchout dalam majalah Men’s Fitness?” (Studi Semiotik iklan parfum Watchout versi pria maskulin dalam majalah men”s fitness)”. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (53Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (159Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada definisi laki-laki sesungguhnya yaitu maskulinitas. Penelitian ini menaruh pada masalah maskulinitas yang digambarkan oleh seorang laki-laki sebagai model yang terdapat dalam iklan parfum Watchout. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode Peirce, dikarenakan dalam ilustrasi iklan parfum Watchout ini terdapat berbagai makna tanda, maka digunakan ikon, indeks, dan simbol untuk mengklasifikasikan tanda secara spesifik. Peirce menggunakan teori segitiga makna (triangle of meaning) yang terdiri atas sign (tanda), object (objek), dan interpretant (interpretan). Unit analisis penelitian ini adalah seluruh tanda dan lambang yang terdapat pada iklan parfum watchout baik yang berupa gambar, warna, maupun tulisan yang menjadi latar belakang dalam iklan parfum Watchout dan menyimpulkan berbagai makna, arti yang ada pada gambar dan tanda dalam iklan tersebut. Tanda dalam penelitian makna yang terdapat pada majalah Men’s Fitness yang menjadi korpus dalam penelitian ini dapat dikategorikan ke dalam kategori hubungan tanda dengan acuannya yang dibuat oleh Charles Sanders Peirce dan dikateorikan dalam tiga kategori, yaitu ikon, indeks, dan simbol. Iklan Watchout dalam penelitian ini menggambarkan pria maskulin dengan kepribadian yang ditampilkan dengan menunjukkan bahwa pria tersebut sosok laki-laki maskulin, bersih, wangi, dan berpenampilan rapi dengan penggambarannya yang menarik.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 28 Feb 2011 22:10
      Last Modified: 28 Feb 2011 22:11
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/398

      Actions (login required)

      View Item