MOTIF REMAJA SURABAYA MENONTON FILM KATA MAAF TERAKHIR ( STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF MENGENAI MOTIF REMAJA SURABAYA MENONTON FILM KATA MAAF TERAKHIR )

MAYA , RATNA DEWI, (2010) MOTIF REMAJA SURABAYA MENONTON FILM KATA MAAF TERAKHIR ( STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF MENGENAI MOTIF REMAJA SURABAYA MENONTON FILM KATA MAAF TERAKHIR ). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (140Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (217Kb)

      Abstract

      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif remaja Surabaya menonton film kata maaf terakhir. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menyumbang gambaran tentang motif remaja Surabaya terhadap suatu pertunjukkan, film khususnya, serta mengajak pada remaja Surabaya terhadap suatu tayangan film, khususnya bioskop, serta mengajak para masyarakat untuk bisa lebih selektif dalam menyaksikan tayangan bioskop. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini film sebagai media komunikasi massa, remaja Surabaya adalah penonton film, film kata maaf terakhir, serta motif yang di gunakan pada remaja Surabaya untuk menonton. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification, dengan memberikan penyelesaian suatu masalah untuk mengubah sikap dan khalayak dengan memenuhi kebutuhan pribadi dan adanya pemahaman. Sehingga teori ini adalah khalayak aktif sengaja menggunakan media untuk mencapai tujuan khusus. Jadi jelaslah penggunaan media massa karena di dorong oleh motif – motif tertentu. Sehingga seseorang ingin mencari kesenangan, media massa dapat memberikan hiburan. Dan jika seseorang kesepian, maka media massa dapat berfungsi sebagai sahabat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan tipe penelitian deskriptif, yaitu untuk mengetahui motif remaja Surabaya menonton film kata maaf terakhir. Pengukuran untuk mengetahui motif ini menggunakan modifikasi model skala Likert melalui skor – skor yang telah di tentukan. Jumlah sample penelitian ini didapat sebanyak 100 remaja dan penarikan sample dengan menggunakan tekhnik sampling kebetulan ( accidental sampling). Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini memilih siapa saja yang kebetulan di jumpai untuk di jadikan sample. Tekhnik ini di gunakan, antara lain karena peneliti merasa kesulitan untuk memenuhi responden atau karena topic yang di teliti untuk memenuhi responden atau karena topic yang di teliti adalah persoalan umum di mana semua orang mengetahuinya. Teori yang membahas tentang motif interaksi sosial, motif kognitif, motif diversi adalah motif Blummer. Kelemahan pada penelitian ini adalah film ini telah di putar setahun lalu. Sehingga , responden yang di gunakan adalah responden yang pernah menonton film Kata Maaf Terakhir. Hingga akhirnya peneliti tidak mengetahui motif yang ada pada penonton yang mengembangkan kreatifitas yang telah terinspirasi oleh film Kata Maaf Terakhir. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa remaja surabaya di dominasi motif kognitif, motif interaksi sosial, motif diversi. Saran yang diberikan bagi penonton film Kata Maaf Terakhir agar dapat mengambil segala hikmah dari sisi positif sehingga manfaat menonton suatu tayangan akan semakin terasa oleh penontonnya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 28 Feb 2011 22:23
      Last Modified: 28 Feb 2011 22:23
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/399

      Actions (login required)

      View Item