OBYEKTIVITAS PEMBERITAAN KASUS KORUPSI P2SEM DI KORAN SURABAYA PAGI (Analisis Isi Obyektivitas Pemberitaan Kasus Korupsi P2SEM yang Melibatkan UPN Veteran Jatim Di Koran Surabaya Pagi Edisi 9, 10, dan 17 Maret 2010 ).

ABDUL , AZIZ BASWEDAN (2010) OBYEKTIVITAS PEMBERITAAN KASUS KORUPSI P2SEM DI KORAN SURABAYA PAGI (Analisis Isi Obyektivitas Pemberitaan Kasus Korupsi P2SEM yang Melibatkan UPN Veteran Jatim Di Koran Surabaya Pagi Edisi 9, 10, dan 17 Maret 2010 ). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (149Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (168Kb)

      Abstract

      Koran Surabaya Pagi merupakan koran lokal di Kota Surabaya, sehingga pemberitaan yang disajikan oleh koran Surabaya pagi dapat membentuk opini masyarakat Kota Surabaya. Berita yang disajikan tentang kasus korupsi dana P2SEM yang melibatkan UPN Veteran Jatim ini harus objektif, karena dapat mepengaruhi citra UPN Veteran Jatim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui objektivitas pemberitaan kasus korupsi P2SEM yang melibatkan UPN Veteran Jatim di koran Surabaya Pagi edisi 9, 10, dan 17 Maret 2010. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori dari Jurgen Westertahl dengan elemen pengujian akurasi, validitas, keseimbangan, dan netralitas. Karena teori ini dapat menilai objektif atau tidaknya sebuah pemberitaan di media, pemberitaan bisa dikatakan objektif apabila semua elemen di atas terpenuhi. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode analisis isi. Populasi penelitian ini adalah seluruh berita tentang kasus korupsi dana P2SEM yang melibatkan UPN Veteran Jatim yang dimuat di surat kabar Surabaya Pagi pada tanggal 9, 10, 17 maret 2010. Teknik pengambilan sample yang digunakan penulis adalah total sampling, yaitu sample diambil secara keselurahan dari jumlah populasi yang didasarkan pada keseluruhan unit populasi, yakni berita kasus korupsi dana P2SEM yang melibatkan UPN veteran Jatim di harian Surabaya pagi yang menjadi populasi dalam penelitian ini. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diambil secara langsung dari harian Surabaya Pagi dan Untuk menganalisis data, terlebih dahulu data yang terkumpul akan diuraikan dengan menggunakan lembar koding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum berita tentang kasus korupsi dana P2SEM yang melibatkan UPN Veteran Jatim ini belum objektif. Unsur yang belum terpenuhi oleh koran Surabaya pagi adalah akurasi, keseimbangan, dan netralitas. Sedangkan unsur validitas telah terpenuhi, meski begitu berita ini dinyatakan belum objektif karena masi ada unsur-unsur yang belum terpenuhi. Jadi dari penelitian pemberitaan kasus korupsi dana P2SEM di Surabaya Pagi tidak objektiv, karena belum memenuhi seluruh unsur-unsur objektivitas. Diharapkan Surabaya Pagi dapat lebih mengedepankan objektivitas dalam menyajikan sebuah pemberitaan agar tidak terdapat kesalahan persepsi pada pembacanya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 28 Feb 2011 22:29
      Last Modified: 28 Feb 2011 22:29
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/400

      Actions (login required)

      View Item