INDEPENDENSI AUDITOR DITINJAU DARI HUBUNGAN AUDITOR DENGAN KLIEN, KEAHLIAN DAN KUALITAS AUDITOR ( Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Surabaya )

Luqman, Ali (2010) INDEPENDENSI AUDITOR DITINJAU DARI HUBUNGAN AUDITOR DENGAN KLIEN, KEAHLIAN DAN KUALITAS AUDITOR ( Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Surabaya ). Undergraduate thesis, Faculty of economics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (105Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (406Kb)

      Abstract

      Independendensi auditor dengan jelas disebutkan di dalam kode etik dan di dalam norma pemeriksaan akuntansi. Independensi harus ditafsirkan sebagai bebas dari bujukan, pengaruh, atau dari siapapun juga yang mempunyai kepentingan dengan audit. Jika auditor mengikuti keinginan klien yang berlawanan dengan pertimbangan sendiri, maka pendapat yang dikemukakan auditor itu tidak ada artinya. Independensi akuntan publik hanya dapat dianggap rusak apabila akuntan publik pelapor mengetahui atau patut mengetahui keadaan atau hubungan yang mungkin mengkompromikan independensinya. Akuntan publik harus mengevaluasi independensi apakah resiko yang ada signifikan atau tidak dan apakah resikodalam keadaan atau hubungan tersebut dapat diukur dengan pengamanan yang menekan resiko sebagai pertimbangan untuk menerima atau menolak penugasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah kualitas auditor mempunyai hubungan terhadap independensi auditor, apakah keahlian auditor mempunyai pengaruh terhadap independensi auditor, dan hubungan auditor dengan klien mempunyai pengaruh terhadap independensi auditor. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dalam bentuk kuesioner dengan metode Simple Random Sampling. Adapun respondennya adalah 145 auditor di 30 KAP. Sedangkan untuk menganalisis apakah antara hubungan auditor dengan klien, keahlian, dan kualitas auditor mempunyai hubungan terhadap independensi auditor, uji statistik yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa hipotesis yang pertama hubungan antara Hubungan Auditor dengan Klien (X1) dengan Independensi Auditor (Y), teruji kebenarannya. Hipotesis kedua dimana Keahlian Auditor (X2) dengan Independensi Auditor (Y), tidak teruji kebenarannya. Dan hipotesis ketiga dimana Kualitas Auditor (X3) dengan Independensi Auditor (Y), teruji kebenarannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 09:55
      Last Modified: 02 Mar 2011 09:55
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/406

      Actions (login required)

      View Item