COMPUTER SELF EFFICACY (CSE) MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TINJAUAN PERSPEKTIF GENDER (Pada Mahasiswa Akuntansi UPN “Veteran” Jawa Timur)

Nova Adhit, Brahmantyo (2010) COMPUTER SELF EFFICACY (CSE) MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TINJAUAN PERSPEKTIF GENDER (Pada Mahasiswa Akuntansi UPN “Veteran” Jawa Timur). Undergraduate thesis, Faculty of economics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (180Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (305Kb)

      Abstract

      Era globalisasi yang dicanangkan akhir abad 20 berdampak pada teknologi informasi yang berkembang begitu pesat. Teknologi informasi telah mempengaruhi sistem informasi, komputer telah menjadi faktor pendorong utama dalam hal ini. Dalam banyak perusahaan, komputer berperan dalam proses transaksi akuntansi dan penyusunan laporan keuangan. Suatu sistem akuntansi yang terkomputerisasi menjadikan pekerjaan menjadi lebih efisien, lebih singkat dan akurat. Dewasa ini, mahasiswa Akuntansi dipersiapkan untuk menjadi akuntan yang mempunyai kompetensi dalam bidang teknologi informasi yang memadai. Menurut IAI profesi akuntan dapat digolomgkam menjadi empat, yakni akuntan manajemen, akuntan publik, akuntan pemerintah, dan akuntan pendidik. Akuntan manajemen dapat berperan aktif dalam penyediaan informasi yang digunakan untuk pembuatan keputusan manajemen. Sebagai seorang akuntan publik, profesi ini dapat menyediakan jasa atestasi dan non atestasi kepada para kliennya. Sebagai akuntan pemerintah profesi ini lebih banyak melakukan tugas-tugas pengauditan yang ada dibadan-badan milik pemerintah. Akuntan pendidik berperan menjadi salah satu ujung tombak akselerasi teknologi informasi dalam lingkungan pendidikan Sampel yang digunakan dalam penelitan ini adalah 65 mahasiswa Progdi Akuntansi. Sedangkan penelitian ini dilaksanakan secara survey dengan menggunakan data primer kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan alat bantu komputer, yang menggunakan program SPSS. Dari hasil pengujian diperoleh kesimpulan bahwa dengan mengunakan independent t-test tidak ada perbedaan secara signifikan Computer Self Efficacy (CSE) antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan UPN Veteran Jawa Timur. Dengan demikian hipotesis yang diajukan oleh peneliti tidak teruji kebenarannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 09:56
      Last Modified: 02 Mar 2011 09:56
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/407

      Actions (login required)

      View Item