PROFESIONALISME AUDITOR EKSTERNAL TERHADAP PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS UNTUK TUJUAN AUDIT LAPORAN KEUANGAN KLIEN (Studi Empiris Pada KAP Di Wilayah Surabaya Pusat Dan Timur)

Iftitah , Anggraini (2010) PROFESIONALISME AUDITOR EKSTERNAL TERHADAP PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS UNTUK TUJUAN AUDIT LAPORAN KEUANGAN KLIEN (Studi Empiris Pada KAP Di Wilayah Surabaya Pusat Dan Timur). Undergraduate thesis, Faculty of economics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (225Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (347Kb)

      Abstract

      Profesionalisme menjadi syarat utama bagi orang yang bekerja sebagai auditor eksternal. Gambaran seseorang yang professional dalam profesi dicerminkan kedalam lima hal, yaitu: pengabdian pada profesi, kewajiban sosial, kemandirian, keyakinan terhadap profesi, dan hubungan dengan sesama profesi. Auditor eksternal yang memiliki pandangan profesionalisme yang tinggi akan memberikan kontribusi yang dapat dipercaya oleh para pengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme yang dicerminkan dalam lima dimensi sebagai variabel independen dengan pertimbangan tingkat materialitas untuk tujuan audit laporan keuangan klien sebagai variabel dependen.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer dari responden yang menjadi obyek penelitian, data yang diperoleh dari kuesioner kemudian diolah dengan menggunakan statistik sebagai alat analisis untuk menguji hipotesis yang diajukan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa pengabdian pada profesi dan kemandirian berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas, sedangkan kewajiban sosial dan keyakinan terhadap profesi berhubungan positif dan signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas, dengan demikian hipotesis yang diajukan oleh peneliti telah teruji kebenarannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 09:55
      Last Modified: 02 Mar 2011 09:55
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/409

      Actions (login required)

      View Item