STRATEGI BISNIS PADA UD LANCAR JAYA DI SIDOARJO

NORMA , MARFIANTI (2012) STRATEGI BISNIS PADA UD LANCAR JAYA DI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I)
Download (283Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (777Kb)

      Abstract

      ABSTRAKSI NORMA MARFIANTI, STRATEGI BISNIS PADA UD LANCAR JAYA DI SIDOARJO Usaha kecil dianggap masyarakat mampu untuk membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang bergerak di sektor informal, maka masyarakat mulai berfikir untuk menjalankan usaha kecil yang memiliki inovasi dalam menjalankan kegiatan bisnis usaha kecilnya. Kota Sidoarjo tepatnya di daerah Waru dikenal sebagai sentra penjualan besi tua. Akan tetapi di daerah Waru juga terdapat pengrajin pembuatan aluminium dan stainles stell. Kecamatan Waru disamping daerah industri yang berskala besar, juga mempunyai sentra-sentra usaha industri yang berskala menengah yang dikerjakan secara home industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis yang dilakukan oleh bapak H.Jamil selaku pemilik UD LANCAR JAYA. Strategi bisnis tersebut antara lain strategi produksi, strategi keuangan, strategi manajemen sumber daya manusia, dan strategi pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah (natural setting), teknik yang akan digunakan untuk mengumpulkan sumber data utama adalah in-depth interview yang menghasilkan data berupa kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lain. Dari hasil analisa data diketahui bahwa dalam strategi produksi bapak H.Jamil tidak melakukan teknik-teknik tertentu, maksudnya sesuai dengan pesanan yang di inginkan konsumen. Strategi keuangan dalam hal ini modal yang digunakan untuk mendirikan usaha pengrajin pembuatan aluminium dan stainles stell berasal dari modal pinjam di bank. Pencatatan keuangan di UD Lancar Jaya ini masih menggunakan cara tradisional. Sulitnya mencari Tenaga kerja ketika permintaan meningkat, sehingga pesanan selesai tidak sesuai jadwal atau telat. Strategi pemasaran dilakukan dengan cara memasang iklan di media cetak yaitu Yellow Pages.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.15 Total quality management
      H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5410 Marketing. Distribution of products
      H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.123 Communication in marketing
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 05 Feb 2013 14:16
      Last Modified: 05 Feb 2013 14:16
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4098

      Actions (login required)

      View Item