Tingkat Pengetahuan Masyarakat tentang Isi Pesan Iklan Layanan Masyarakat di Televisi (Studi Deskriptif Kuantitatif Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya tentang Isi Pesan Iklan Jasa Raharja Versi ”Jaja Miharja” di Televisi)

Farida , Ulfa Kautsar (2010) Tingkat Pengetahuan Masyarakat tentang Isi Pesan Iklan Layanan Masyarakat di Televisi (Studi Deskriptif Kuantitatif Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya tentang Isi Pesan Iklan Jasa Raharja Versi ”Jaja Miharja” di Televisi). Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" JATIM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (312Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (178Kb)

      Abstract

      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat Surabaya tentang isi pesan iklan Jasa Raharja versi “Jaja Miharja” di televisi. Permasalahannya adalah pada saat ini jika terjadi kecelakaan lalu lintas dan transportasi, banyak masyarakat sebagai pengendara tidak tahu instansi mana yang harus dihubungi lebih dahulu. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R (Stimulus–Organism–Responses) dan metode yang digunakan adalah metode survey dengan analisis deskriptif. Penyebaran kuesioner pada 100 responden dilakukan dengan teknik penarikan sampel Sampling Accidental, yaitu penarikan sampling berdasarkan daerah yang sudah ditentukan untuk diteliti, dan memilih siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti di daerah tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat tentang isi pesan iklan Jasa Raharja versi “Jaja Miharja” di televisi adalah sedang. Ini berarti reponden sudah mengetahui, namun belum sepenuhnya memahami isi pesan iklan tersebut. Iklan televisi tersebut menampilkan secara sekilas sehingga ada beberapa pesan iklan yang terlewatkan oleh responden dan pada akhirnya responden belum menerima informasi secara lengkap. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat pengetahuan masyarakat Surabaya tentang isi pesan iklan Jasa Raharja versi ”Jaja Miharja” di televisi dapat dikategorikan sedang. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang asuransi kecelakaan lalu lintas dan penumpang umum, Jasa Raharja perlu menambah informasi dengan konsep yang lebih bisa dimengerti masyarakat sebagai khalayak, mengingat khalayak yang menyaksikan iklan di televisi terdiri dari berbagai kalangan yang memiliki latar belakang pendidikan yang beragam dan tingkat pemahaman informasi yang berbeda-beda. Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Masyarakat Surabaya, Iklan Televisi, Iklan Layanan Masyarakat Jasa Raharja Versi ”Jaja Miharja”

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 01 Mar 2011 08:40
      Last Modified: 01 Mar 2011 08:41
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/414

      Actions (login required)

      View Item