UPAYA PENINGKATAN LABA BERSIH MELALUI PENETAPAN HARGA JUAL DAN PROSENTASE KENAIKAN INSENTIF (Studi pada PT. Srikandi Plastik Sidoarjo)

HAPSARI, RULLY (2008) UPAYA PENINGKATAN LABA BERSIH MELALUI PENETAPAN HARGA JUAL DAN PROSENTASE KENAIKAN INSENTIF (Studi pada PT. Srikandi Plastik Sidoarjo). Undergraduate thesis, Faculty of economic.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (112Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (195Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Penetapan harga jual pada PT. Srikandi Plastik Sidoarjo pada tiap tahunnya mengalami perubahan, begitu juga terhadap insentif yang diberikan kepada karyawan, yang mana hal ini dimungkinkan berakibat pula pada perubahan laba yang diperoleh. Berdasarkan hal tersebut tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara penetapan harga jual dan prosentase kenaikan insentif dengan peningkatan laba bersih di PT. Srikandi Plastik Sidoarjo. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah laba bersih (Y), harga jual (X1), dan insentif (X2). Pengukuran dilakukan dengan menggunakan skala rasio. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu menggunakan metode dokumentasi, berupa laporan hasil akhir perhitungan laba bersih, laporan pemberian insentif, dan laporan harga jual PT. Srikandi Plastik Sidoarjo pada periode tahun 2002-2007 yang diperoleh melalui data yang diberikan oleh perusahaan. Teknik analisa yang digunakan adalah korelasi Pearson Correlation. Berdasarkan permasalahan serta hasil analisis, maka dapat diambil kesimpulan bahwa koefisien korelasi antara penetapan harga jual dengan peningkatan laba bersih adalah sebesar -0.949, dengan nilai signifikansi 0.000. Hubungan antara kedua variabel tersebut besar (mendekati 1), dengan arah hubungan negatif yang berarti bahwa kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang berlawanan. Artinya apabila penetapan harga jual naik maka akan menurunkan perolehan laba bersih perusahaan. Dan koefisien korelasi antara prosentase kenaikan insentif dengan peningkatan laba bersih sebesar -0.302 dengan nilai signifikansi 0.339. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut tidak terlalu besar. Meskipun demikian, penelitian ini berhasil membuktikan bahwa memang ada hubungan (korelasi) antara penetapan harga jual dan prosentase kenaikan insentif dengan peningkatan laba bersih PT. Srikandi Plastik Sidoarjo.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      H Social Sciences > HG Finance
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 11:06
      Last Modified: 02 Mar 2011 11:06
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/415

      Actions (login required)

      View Item