PERENCANAAN JALUR DISTRIBUSI YANG OPTIMAL PRODUK BAUT DENGAN METODE SAVING MATRIK DI PT. TIMUR MEGAH STEEL (TMS) - GRESIK

JANUK , DHARMA SAPUTRA (2012) PERENCANAAN JALUR DISTRIBUSI YANG OPTIMAL PRODUK BAUT DENGAN METODE SAVING MATRIK DI PT. TIMUR MEGAH STEEL (TMS) - GRESIK. Undergraduate thesis, Faculty of Industrial Teknology.

[img]
Preview
PDF (COVER - BAB I)
Download (486Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB II - DAFTAR PUSTAKA)
    Restricted to Repository staff only

    Download (1787Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Semakin tingginya tingkat persaingan dalam dunia industri, menuntut perusahaan untuk dapat menghadapi persaingan secara baik dan siap dengan segala resiko yang akan dihadapi. Salah satu jaminan yang harus dipenuhi perusahaan kepada pelanggan adalah mengirim produk sesuai dengan permintaan pelanggan secara tepat waktu dan efisien PT. Timur Megah Steel (TMS) Gresik dituntut untuk memiliki kinerja pengiriman yang reliabel. Sedangkan dalam pemenuhan sasaran tersebut masih ada permasalahan dari perusahaan dimana dalam pengiriman baut jenis NC dan M88 ke beberapa daerah pemasaran belum adanya perencanaan pengiriman dan pendistribusian barang yang tepat yaitu dalam menentukan jalur distribusi ke customer yang mengakibatkan jalur pengiriman yang ditempuh semakin panjang tanpa melihat terlebih dahulu kapasitas dari kendaraan dan jarak yang akan ditempuh sehingga mengakibatkan biaya transportasi menjadi mahal. Berdasarkan permasalahan perusahaan tersebut,perusahaan membutuhkan suatu perencanaan dan penentuan jalur distribusi produk secara tepat untuk mengurangi pemborosan dalam segi waktu, jarak, dan tenaga serta mendapatkan biaya transportasi yang lebih murah. Jalur atau rute distribusi yang diperoleh untuk melayani permintaan Produk Baut berdasarkan kapasitas alat angkut Periode Oktober 2012 – Oktober 2013, yaitu Rute A: urutan kunjungan dari Gudang– Semarang – solo –Gudang , total jarak perjalanan 556,32 km.Rute B: urutan kunjungan dari Gudang–Pasuruan - Jember– Gudang, total jarak perjalanan 325,5 km. Rute C : Urutan kunjungan dari Gudang – Surabaya - Sidoarjo – Gudang total jarak perjalanan 100,96 km. Biaya Transportasi dengan metode awal sebesar Rp 12.388.100,-/ bulan dengan 5 rute pengiriman barang dan biaya transportasi dengan metode saving matrix sebesar Rp. 9.548.648,-/ bulan dengan 3 rute pengiriman barang. Dengan menggunakan metode saving matrix bisa menghasilkan penghematan biaya transportasi sebesar Rp. 3.092.352,- / bulan atau dengan penghematan biaya transportasi sebesar 24,46 %. Kunci : Transportasi, Distribusi, Saving Matrik Hak

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD38.5 Supply Chain Management
      Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 15 Apr 2013 14:37
      Last Modified: 15 Apr 2013 14:37
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4158

      Actions (login required)

      View Item