MOTIF PENDENGAR AKTIF PROGRAM ACARA “ONO OPO REK” DI 93,3 RADIO EL VICTOR FM SURABAYA (Studi Deskriptif Tentang Motif Pendengar Aktif Acara “Ono Opo Rek” Di 93,3 Radio el Victor FM Surabaya)

GUNADARMA, - (2010) MOTIF PENDENGAR AKTIF PROGRAM ACARA “ONO OPO REK” DI 93,3 RADIO EL VICTOR FM SURABAYA (Studi Deskriptif Tentang Motif Pendengar Aktif Acara “Ono Opo Rek” Di 93,3 Radio el Victor FM Surabaya). Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" JATIM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (239Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (216Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif pendengar aktif Radio el Victor FM Surabaya dalam mendengarkan program acara “Ono Opo Rek”. Landasan teori yang dipakai dalam penelitian ini meliputi penelitian komunikasi massa, pendekatan motif dan uses and gratifications, pengertian motif dan pendengar radio sebagai khalayak massa. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan tipe deskriptif populasi samplingnya adalah pendengar yang tergabung dalam komunitas pendengar Radio el Victor FM Surabaya dalam mendengarkan program acara “Ono Opo Rek” yang tercatat dalam data base sejumlah 520 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik multi stage purposive yaitu pemilihan secara mengerucut kepada anggota pendengar radio el Victor FM Surabaya. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa responden memiliki motif yang berbeda-beda dalam mendengarkan program acara “Ono Opo Rek” di radio el Victor FM Surabaya. Responden yang bermotif kognitif memiliki persentase yang tinggi karena mayoritas responden ingin mencari sesuatu yang baru dari mendengarkan program acara “Ono Opo Rek” di radio el Victor FM Surabaya, motif identitas personal dinyatakan sedang, hal ini dapat dilihat dengan engan banyaknya responden yang mencari hiburan, sedangkan yang terakhir motif diversi dinyatakan rendah, karena responden lebih memilih memanfaatkan radio sebagai sarana tempat berkenalan dengan para pendengar lainnya. Kata kunci : Motif, Pendengar aktif program acara “Ono Opo Rek” di radio el Victor FM Surabaya xiii

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 01 Mar 2011 08:48
      Last Modified: 01 Mar 2011 08:48
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/417

      Actions (login required)

      View Item