PENGENDALIAN SALDO PIUTANG MELALUI PENETAPAN PROSENTASE REALISASI PENAGIHAN DAN FREKUENSI KESALAHAN PEMBERIAN KREDIT ULANG (Studi pada PT. Srikandi Plastik Sidoarjo)

Anggraeni, Elly (2008) PENGENDALIAN SALDO PIUTANG MELALUI PENETAPAN PROSENTASE REALISASI PENAGIHAN DAN FREKUENSI KESALAHAN PEMBERIAN KREDIT ULANG (Studi pada PT. Srikandi Plastik Sidoarjo). Undergraduate thesis, Faculty of economic.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (92Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (185Kb)

      Abstract

      PENGENDALIAN SALDO PIUTANG MELALUI PENETAPAN PROSENTASE REALISASI PENAGIHAN DAN FREKUENSI KESALAHAN PEMBERIAN KREDIT ULANG (Studi pada PT. Srikandi Plastik Sidoarjo) Oleh : Elly Anggraeni Abstraksi Suatu perusahaan yang berkembang harus disertai dengan peningkatan efisiensi dan efektivitas dalam menjalankan usahanya agar dapat mencapai tujuan yang ditetapkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas barang atau jasa yang ditawarkannya. Peningkatan efisiensi dan efektivitas yang dilakukan dapat berjalan dengan baik apabila sistim dalam perusahaan tersebut dilaksanakan dengan adanya penyederhanaan sistim yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan prosentase realisasi penagihan dan frekuensi kesalahan pemberian kredit ulang dengan saldo piutang dagang pada PT. Srikandi Plastik. Variabel yang digunakan adalah Saldo piutang sebagai variabel terikat, dan sebagai variabel bebasnya adalah Prosentase Realisasi Penagihan, dan Frekuensi Kesalahan Pemberian Kredit Ulang. Pengukuran variabel yang digunakan dalam penelitan ini adalah skala rasio. Data yang digunakan adalah data perusahaan akan target dan realisasi penagihan dan data akan Doubel Bon atau belum lunas atau piutang lewat batas waktu pembayaran tetapi diberi Purchasing Order Baru selama 10 tahun (periode 1998-2007). Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Rank Spearman. Dari hasil analisis dengan menggunakan Korelasi Rank Spearman dapat dijelaskan bahwa hubungan antara variabel prosentase realisasi penagihan (X1) dengan saldo piutang dagang sebesar –0.744 berarti bahwa variabel prosentase realisasi penagihan memiliki hubungan negatif yang kuat dengan saldo piutang dagang (Y). Hubungan antara variabel frekuensi kesalahan pemberian kredit ulang (X2) dengan saldo piutang dagang sebesar 0.760 berarti bahwa variabel frekuensi kesalahan pemberian kredit ulang memiliki hubungan positif yang kuat dengan saldo piutang dagang (Y). Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut kuat atau erat. Meskipun demikian, penelitian ini berhasil membuktikan bahwa adanya hubungan (korelasi) antara prosentase realisasi penagihan dan frekuensi kesalahan pemberian kredit ulang dengan saldo piutang dagang di PT. Srikandi Plastik Sidoarjo.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      H Social Sciences > HG Finance
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 11:06
      Last Modified: 02 Mar 2011 11:06
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/418

      Actions (login required)

      View Item