READABILITY IKLAN MOBIL FORD NEW FIESTA DI SURAT KABAR (Studi Deskriptif Kuantitatif Tingkat Keterbacaan Iklan Mobil Ford New Fiesta di Surat Kabar Kompas)

SUHA, AENNY (2012) READABILITY IKLAN MOBIL FORD NEW FIESTA DI SURAT KABAR (Studi Deskriptif Kuantitatif Tingkat Keterbacaan Iklan Mobil Ford New Fiesta di Surat Kabar Kompas). Undergraduate thesis, Faculty of Social Sciences and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF (COVER - BAB I)
Download (294Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB II - DAFTAR PUSTAKA)
    Restricted to Repository staff only

    Download (595Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa, suatu proses komunikasi akan terjadi apabila antara pembaca dengan teks menghasilkan suatu pemahaman. Komunikasi terjadi apabila terdapat kesamaan makna antara komunikator dan komunikan, dengan kata lain komunikan tidak mengerti dengan pesan yang diterimanya, maka komunikasi tidak akan terjadi. Dapat dikatakan juga situasi ini tidak komunikatif. Situasi yang tidak komunikatif ini dapat mengakibatkan salah mengerti dalam proses mengkomunikasikan maksud pesan tersebut, maka komunikan sebagai sasaran akan salah dalam mempersepsikan pesan itu, sehingga akan salah pula dalam mengidentifikasikannya dan akhirnya tidak mengerti isi dan maksud pesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan keterbacaan masyarakat Surabaya terhadap iklan Mobil Ford New Fiesta di surat kabar. Dimana didalam iklan tersebut hanya menjelaskan secara singkat mengenai Fitur Voice Activated Phone Dialing System. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Disini metode kuantitatif menggunakan metode Cloze Prosedure yang diperkenalkan pertama kali oleh Wilson L. Taylor (1953) diterapkan untuk megatasi pesan-pesan entropy yang disebabkan oleh bermacam-macam gangguan (Noise) dan telah terbukti keakuratanya dalam penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Data yang terdapat dalam obyek penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel. Dimana populasi dan sampel ditentukan berdasarkan kebutuhan dari iklan tersebut. Sampel yang dipilih adalah responden yang berusia antara 30-50 tahun berjenis kelamin pria dan wanita yang bertempat tinggal di Surabaya. Dari hasil penelitian Readability Study yang dilakukan terhadap iklan Mobil Ford New Fiesta di surat kabar Kompas, dapat disimpulkan bahwa Iklan Mobil Ford New Fiesta ini termasuk dalam kategori rata-rata. Dapat diartikan bahwa iklan tersebut tidak terlalu sukar dan tidak terlalu mudah untuk dipahami. Hanya dengan 1 kali membaca responden sudah memahami isi pesan iklan tersebut, penggunaan kata-kata asing pun dapat dimengerti dengan mudah, tampilannya pun menarik didalam iklan ini.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5801 Advertising
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 10 Apr 2013 14:53
      Last Modified: 10 Apr 2013 14:53
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4220

      Actions (login required)

      View Item