KEKEN , PRAMISTA (2012) PENINGKATAN DAYA DUKUNG TANAH DENGAN MENGGUNAKAN STABILISASI KAPUR UNTUK PERENCANAAN PERKERASAN LENTUR DI RUAS JALAN GRESIK-LAMONGAN (Sta. 27+ 250 – Sta. 32 + 550). Undergraduate thesis, Faculty of Civil Engineering and Planning.
![]()
| PDF (COVER - BAB I) Download (2005Kb) | Preview | |
![]() | PDF (BAB II - DAFTAR PUSTAKA) Restricted to Repository staff only Download (1283Kb) |
Abstract
Stabilisasi tanah adalah pencampuran tanah dengan bahan tertentu, guna memperbaiki sifat – sifat teknis tanah agar memenuhi syarat teknis tertentu. Jika material tanah distabilisasi, maka kualitasnya menjadi bertambah, dan kemampuan lapisan tersebut dalam mendistribusikan beban ke area yang lebih luas juga bertambah, sehingga mereduksi tebal lapisan perkerasan yang dibutuhkan. Ruas jalan Gresik – Lamongan merupakan jalan arteri, sehingga banyak dilewati kendaraan berat, sehingga keadaan jalan tersebut terjadi kerusakan. Dalamnya lapisan tanah dasar yang berupa tanah lempung berlanau menyebabkan daya dukung tanah dasar dilokasi studi Gresik-Lamongan sangat kecil dengan nilai CBR 1,44%. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan tanah menggunakan stabilisasi tanah dengan penambahan kapur untuk meningkatkan harga CBR. Metode yang dipakai dalam penelitian stabilisasi tanah dengan kapur ini adalah metode yang mengacu pada aturan – aturan yang terdapat dalam AASHTO. Untuk stabilisasi ini, jenis kapur yang digunakan adalah kapur terhidrasi Ca(OH)2 . Kadar kapur yang digunakan untuk penelitian yaitu 0%, 2%, dan 4%. Hasil dari percobaan menunjukkan adanya peningkatan CBR dari 0%, 2%, dan 4%. Didapatkan nilai CBR campuran 0% kapur adalah 5,21%. Nilai CBR campuran 2% kapur meningkat menjadi 46,12%. Sedangkan CBR campuran 4% kapur 59,50%. Kata kunci : stabilisasi tanah, kapur , daya dukung tanah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE331 Traffic Engineering. Road and Highways. Streets |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering |
Depositing User: | Kontho Hadi |
Date Deposited: | 20 Mar 2013 09:54 |
Last Modified: | 20 Mar 2013 09:54 |
URI: | http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4229 |
Actions (login required)
View Item |