PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, SALING KETERGANTUNGAN DAN KARAKTERISTIK SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA PDAM “DELTA TIRTA” KABUPATEN SIDOARJO

Masruroh, - (2009) PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, SALING KETERGANTUNGAN DAN KARAKTERISTIK SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA PDAM “DELTA TIRTA” KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, Faculty of economic.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (84Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (346Kb)

      Abstract

      PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, SALING KETERGANTUNGAN DAN KARAKTERISTIK SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA PDAM “DELTA TIRTA” KABUPATEN SIDOARJO Oleh : Masruroh ABSTRAK Perekonomian saat ini semakin berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi, kondisi ini menuntut agar perusahaan lebih meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja perusahaan khususnya kinerja manajerial sehingga dapat mencapai tujuan badan usaha. Dalam rangka meningkatkan kinerja manajerial tersebut seorang manajer membutuhkan teknologi informasi, saling ketergantungan dan karakteristik sistem akuntansi manajemen yang terdiri dari broad scope, agregasi, integrasi dan timeliness yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja manajerial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris bahwa ada pengaruh antara teknologi informasi, saling ketergantungan dan karakteristik sistem akuntansi manajemen terhadap kinerja manajerial dan untuk menguji manakah diantara variabel teknologi informasi, saling ketergantungan dan karakteristik sistem akuntansi manajemen yang berpengaruh dominan terhadap kinerja manajerial. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner. Obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah PDAM “DELTA TIRTA” Kabupaten Sidoarjo. Populasi yang digunakan adalah manajer tingkat atas, manajer tingkat menengah dan manajer tingkat bawah yang berjumlah 76 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dimana jumlah sampel sebanyak 43 orang. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis Regresi Linier Berganda. Kesimpulan yang dapat diambil adalah teknologi informasi, saling ketergantungan dan karakteristik sistem akuntansi manajemen berpengaruh terhadap kinerja manajerial, hal ini terbukti dari hasil uji kecocokan model dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,486 yang menyatakan bahwa teknologi informasi, saling ketergantungan dan karakteristik sistem akuntansi manajemen berpengaruh terhadap kinerja manajerial sebesar 48,6%. Koefisien beta tertinggi adalah koefisien beta variabel saling ketergantungan maka dapat disimpulkan saling ketergantungan berpengaruh lebih dominan terhadap kinerja manajerial, sehingga kedua hipotesis penelitian ini teruji kebenarannya. Kata Kunci : Teknologi Informasi, Saling Ketergantungan, Karakteristik Sistem Akuntansi Manajemen dan Kinerja Manajerial.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
      H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Adi Prasetyawan
      Date Deposited: 02 Mar 2011 11:06
      Last Modified: 02 Mar 2011 11:06
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/423

      Actions (login required)

      View Item