EVALUASI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KERETA API KELAS EKONOMI JURUSAN SURABAYA – JAKARTA DI STASIUN GUBENG SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATED PREFERENCE

SEKAR , PANDAN ARUM (2012) EVALUASI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KERETA API KELAS EKONOMI JURUSAN SURABAYA – JAKARTA DI STASIUN GUBENG SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATED PREFERENCE. Undergraduate thesis, Faculty of Civil Engineering and Planning.

[img]
Preview
PDF (COVER - BAB I)
Download (788Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB II - DAFTARPUSTAKA)
    Restricted to Repository staff only

    Download (1011Kb)

      Abstract

      Pengoperasian Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan merupakan salah satu upaya untuk melayani kebutuhan transportasi yang terjangkau bagi mereka yang termasuk dalam tingkat ekonomi menengah ke bawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap pengoperasian Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner kepada 100 orang responden pada hari kerja (Senin – Jumat) maupun hari libur (Sabtu – Minggu). Untuk mengukur kepuasan responden terhadap berbagai faktor yang berkaitan dengan pengoperasian Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan digunakan metode sated preference, yaitu dengan menganalisa harapan responden dan pelaksanaan yang dirasakan terhadap pelayanan yang diberikan selama menggunakan Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini dianalisa dengan menggunakan program SPSS dan excel yang kemudian dimasukkan ke dalam diagram kartesius untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap atribut-atribut tersebut. Berdasarkan hasil analisa kuisioner dengan metode Stated Preference disimpulkan bahwa terdapat tiga faktor yang menurut responden menjadi prioritas untuk ditingkatkan karena belum memuaskan, yaitu meliputi fasilitas (toilet, kereta makan/restorasi dan sirkulasi udara), keamanan (penempatan petugas keamanan di tiap gerbong) dan jadwal keberangkatan (1 hari 2 kali keberangkatan). Kata kunci : kereta api, kepuasan, Stated Preference

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.5 Customer services
      Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 20 Mar 2013 09:50
      Last Modified: 20 Mar 2013 09:50
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4231

      Actions (login required)

      View Item