PENERIMAAN MASYARAKAT SURABAYA TENTANG IKLAN NON PANGAN DI TELEVISI (RECEPTION ANALYSIS TENTANG PENERIMAAN MASYARAKAT)

Achmad , Mudandhany (2012) PENERIMAAN MASYARAKAT SURABAYA TENTANG IKLAN NON PANGAN DI TELEVISI (RECEPTION ANALYSIS TENTANG PENERIMAAN MASYARAKAT). Undergraduate thesis, Faculty of Industrial Technology.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I)
Download (285Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (543Kb)

      Abstract

      Penelitian ini adalah untuk mengetahui PENERIMAAN MASYARAKAT SURABAYA TENTANG IKLAN NON PANGAN DITELEVISI. Iklan non pangan adalah iklan yang manawarkan produk selain makanan di televisi. Salah satu unsur dalam periklanan adalah persuasif, akan tetapi iklan-iklan non pangan tersebut terlalu melebih-lebihkan produk yang ditawarkan. Sehingga banyak iklan non pangan yang melakukan pelanggaran dan kebohongan terhadap publik. Semakin banyak investasi yang ditanamkan maka semakin banyak pula produk yang akan dibuat iklannya. Televisi sebagai media massa paling digemari masyarakat akan menjadi media pertarungan bagi iklan-iklan tersebut. Semakin kuatnya persaingan maka semakin terbuka pelanggaran dan pembohongan terhadap publik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah RECEPTION ANALYSIS Meskipun teori uses and gratification menyimpulkan bahwa khalayak bukan hanya aktif namun teori ini mengabaikan fakta tentang masyarakat memilih media sesuai dengan kebutuhan, tetapi juga aktif memberi makna pada seluruh isi materi pesan media (meaning making). Akibat terabaikannya fakta tentang pemberian makna terhadap isi pesan media, maka pendekatan baru terhadap menganalisa masyarakat. Reception Analysisadalah sebuah istilah untuk melingkupi beragam bentukdari studi kualitatif dari penelitian khalayak, yang menyatukan ilmu sosial dan perspektif kemanusiaan pada penerimaan. Sedangkan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian motif deskriptif kualitatif , dengan menggunakan metode in depth interview (wawancara mendalam). Informan dalam penelitian akan difokuskan untuk mengetahui penerimaan masyarakat Surabaya tentng iklan non pangan ditelevisi, yang akan diberikan pertnyaan berdasarkan pemahaman tentang iklan non pangan, pemahaman terhadap iklan yang melakukan pelanggaran dan pembohongan terhadap publik, dan tindakan setelah mengetahui iklan tersebut melakukan pelanggaran dan pembohongansehingga kana mengetahui penerimaan masyrakat Surabaya terhadap iklan non pangan yang disiarkan oleh televisi. Kata Kunci : Deskriptif kualitatif dan penerimaan masyarakat Surabaya tentang iklan non pangan di televisi

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5801 Advertising
      Divisions: Faculty of Industrial Technology > Informatics Engineering
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 06 May 2013 11:25
      Last Modified: 06 May 2013 11:25
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4309

      Actions (login required)

      View Item