TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG IKLAN SHAMPO SUNSILK DI TELEVISI (Studi Deskriptif Tingkat Pengetahuan Perempuan Surabaya Tentang Iklan Shampo SUNSILK co-Creations Versi Julie Estelle dan Thomas Taw di Televisi).

Vincentia , Janurini Putri Arsono (2010) TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG IKLAN SHAMPO SUNSILK DI TELEVISI (Studi Deskriptif Tingkat Pengetahuan Perempuan Surabaya Tentang Iklan Shampo SUNSILK co-Creations Versi Julie Estelle dan Thomas Taw di Televisi). Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" JATIM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (129Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (227Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada fenomena komunikasi yaitu adanya penyampaian pesan dari pihak komunikator yaitu Sunsilk melalui iklan di televise. Sunsilk membuat formulasi baru dengan kombinasi prima dari keahlian tujuh pakar rambut dunia yang ada dalam setiap botolnya yang diberi nama Sunsilk co-Creations. Namun, terdapat perbedaan jumlah varian shampo yang disampaikan oleh pihak Sunsilk. Menurut iklan yang ditayangan dalam berbagai media massa jumlah varian Sunsilk ada tujuh kemasan botol shampo tetapi pemberitaan press release Sunsilk menyatakan menciptakan delapan varian formulasi baru, adanya kekurangan dalam penyampaian informasi pesan iklan yang membingungkan masyarakat bahkan konsumen ketika melihat jumlah varian Sunsilk yang beredar dilapangan dengan jumlah varian yang diiklankan. Sehingga masyarakat hanya mengetahui dan akan menangkap pesan bahwa jumlah varian dari shampo Sunsilk co-Creations terdiri dari tujuh varian saja. Penelitian ini akan mengkaji tentang bagaimana penayangan iklan shampo Sunsilk co-Creations versi JulieEstelle dan ThomasTaw ditelevisi dengan meneliti dan untuk memahami melalui unsur-unsur iklan seperti talent, setting, props dan isi pesan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah tingkat pengetahuan perempuan Surabaya tentang iklan shampoo Sunsilk co-creations versi Julie Estelle dan Thomas Taw di televise. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimulus, Organism, Respon). Stimulus dalam penelitian ini adalah iklan shampo Sunsilk co-Creations versi Julie Estelle dan Thomas Taw. Organism adalah penerimaan, pengertian dan pemahaman dari stimulus (iklan), penerima pesan yaitu perempuan Surabaya yang berusia 17 tahun keatas sebagai pemirsa televisi. Respon berupa tingkat pengetahuan perempuan Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan analisis deskriptif. Teknik penarikan sampel menggunakan Accidental Sampling, metode analisis data menggunakan tabel frekuensi. Dari data yang ada dapat diketahui bahwa tingkat pengetahuan perempuan Surabaya tentang isi pesan yang disampaikan melalui unsur-unsur iklan Shampo SUNSILK co-Creations Versi Julie Estelle dan Thomas Taw di Televisi, mempunyai prersentase yang tinggi yakni 53 %. Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Perempuan, Unsur Iklan, Pesan Iklan, Shampo Sunsilk co-Creations.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 01 Mar 2011 11:41
      Last Modified: 01 Mar 2011 11:42
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/434

      Actions (login required)

      View Item