TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA SURABAYA TERHADAP IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BKKBN DI TELEVISI (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Tingkat Pengetahuan Remaja Surabaya Terhadap Iklan BKKBN “Generasi Berencana” di Televisi)

LAILY , EMILDA (2010) TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA SURABAYA TERHADAP IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BKKBN DI TELEVISI (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Tingkat Pengetahuan Remaja Surabaya Terhadap Iklan BKKBN “Generasi Berencana” di Televisi). Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" JATIM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (140Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (236Kb)

      Abstract

      Iklan BKKBN “Generasi Berencana” yang ditayangkan hampir diseluruh stasiun televisi swasta merupakan salah satu iklan layanan masyarakat. Iklan tersebut menyampaikan program baru dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional tentang Generasi Berencana “Saatnya yang muda yang berencana”. Melalui iklan ini BKKBN mengharapkan remaja dapat melakukan perencanaan dalam sebuah pernikahan demi terciptanya keluarga yang berkualitas dan sejatera. Kemudian bagaimanakah iklan tersebut dapat memberikan pegetahuan pada remaja bahwa pernikahan membutuhkan perencanaaan. Landasan teori yang dipakai yaitu Teori S-O-R. Menurut teori ini efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus, sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikan. Selain itu, teori ini menjelaskan tentang pengaruh yang terjadi pada pihak penerima sebagai akibat dari proses komunikasi. Dalam penelitian ini iklan BKKBN “Generasi Berencana” dapat mempengaruhi tingkat kognisi remaja tentang Generasi Berencana. Metode penelitian ini menggunakan sample random sampling atau sampling sederhana, setiap anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Peneliti memilih dan memberikan nomor pada seluruh populasi, lalu mengundinya (merandom/mengacak) sampai mendapatkan jumlah sample yang dibutuhkan. Syarat teknik sampling random sederhana ini adalah tersedianya kerangkah sampling atau daftar sampling,. Kemudian hasil dari kuisioner tersebut diolah menjadi data untuk dapat mengetahui tingkat pengetahuan remaja terhadap iklan BKKBN “Generasi Berencana” di televisi. Setelah melalui pengolahan data dari hasil kuisioner yang dibagikan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan remaja Surabaya terhadap iklan BKKBN ”Generasi Berencana” di televisi terdapat pada kategori tinggi. Dimana responden mengerti dan memahami pesan iklan “Generasi Berencana” di televisi yang merupakan salah satu program dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional BKKBN tentang pentingnya perencanaan dalam sebuah pernikahan. Keyword: Tingkat Pengetahuan, Remaja Surabaya, Iklan ”Generasi Berencana”.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 01 Mar 2011 12:10
      Last Modified: 01 Mar 2011 12:10
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/440

      Actions (login required)

      View Item