COMPUTER SELF EFFICACY (CSE) PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI : TINJAUAN PERSPEKTIF GENDER

Reny , oktaviani (2010) COMPUTER SELF EFFICACY (CSE) PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI : TINJAUAN PERSPEKTIF GENDER. Undergraduate thesis, Faculty of economic.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (110Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (307Kb)

      Abstract

      COMPUTER SELF EFFICACY (CSE) PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI : TINJAUAN PERSPEKTIF GENDER Oleh : Reny oktaviani Abstraksi Dewasa ini, mahasiswa tidak hanya dapat menyusun informasi akuntansi secara manual, tetapi harus dapat menggunakan teknologi-teknologi yang sudah ada hingga yang terbaru sehingga dapat menyajikan Sistem Infomasi Akuntansi Berbasis Komputer nantinya. Maka dari itu lulusan mahasiswa akuntansi diharapkan mempunyai pengetahuan yang baik tentang sistem akuntansi dan mempunyai keahlian khusus dalam bidang teknologi informasi. CSE didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk menggunakan komputer atau sistem informasi atau teknologi informasi. Dimana CSE diukur melalui kemampuan penggunaan aplikasi komputer, penanganan file, software dan hardware, penggunaan internet. Keahlian penggunaan komputer mahasiswa akuntansi (CSE) sangat erat hubungannya dengan pelatihan Ebiz yang diadakan oleh jurusan. Berdasarkan hasil ujian Ebiz dari tahun 2006-2008 dapat diketahui kemampuan penggunaan komputer antara mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu untuk tahun 2006 dan 2008 nilai rata-rata ujian Ebiz mahasiswa perempuan lebih tinggi dari pada mahasiswa laki-laki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris perbedaan Computer Self Efficacy (CSE) mahasiswa di UPN “Veteran” Jawa Timur jurusan akuntansi dalam penggunaan teknologi informasi ditinjau dari perspektif gender. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Adapun respondennya adalah mahasiswa jurusan akuntansi UPN “Veteran” Jawa Timur angkatan 2006, 2007 dan 2008 yang telah mengikuti ujian Ebiz dan tercatat sebagai mahasiswa yang masih aktif di bangku perkuliahan yang berjumlah 82 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Analisis yang digunakan adalah independent sample t-test dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan Computer Self Efficacy (CSE) antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Keywords : Computer Self Efficacy, Mahasiswa Akuntansi, Information Technology.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 11:05
      Last Modified: 02 Mar 2011 11:05
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/451

      Actions (login required)

      View Item