Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Perpajakan Wajib Pajak, Dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Keberhasilan Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan (Studi Kasus di Wilayah Kelurahan Klurak Kecamatan Candi Sidoarjo)

Furry , Retno Indah Sari (2010) Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Perpajakan Wajib Pajak, Dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Keberhasilan Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan (Studi Kasus di Wilayah Kelurahan Klurak Kecamatan Candi Sidoarjo). Undergraduate thesis, Faculty of economic.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (178Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (382Kb)

      Abstract

      Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Perpajakan Wajib Pajak, Dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Keberhasilan Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan (Studi Kasus di Wilayah Kelurahan Klurak Kecamatan Candi Sidoarjo) Furry Retno Indah Sari Abstraksi Pajak merupakan suatu fenomena yang menarik dalam kehidupan masyarakat dan Negara, saat ini pajak bukan lagi merupakan sesuatu yang paling asing bagi masyarakat Indonesia, sebagian kalangan telah menempatkan pajak sebagai salah satu kewajiban dalam bernegara, yaitu merupakan sarana untuk ikut berpartisipasi dalam membantu pelaksanaan tugas bernegara yang ditangani oleh pemerintah. Indikasi ini terlihat dari semakin banyaknya jumlah Wajib Pajak, demikian juga keikutsertaan masyarakat dari berbagai kalangan apabila ada penyelenggaraan kegiatan mengenai perpajakan. Pemerintah telah melakukan reformasi terhadap perpajakan, baik atas pajak pusat/nasional maupun pajak daerah. Reformasi pajak diupayakan untuk dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak, disamping itu juga sebagai reposisi pajak sebagai sumber penerimaan, baik itu penerimaan pusat (APBN) maupun untuk daerah (APBD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh Tingkat Pemahaman Wajib Pajak, Tingkat Kesadaran Perpajakan Wajib Pajak, serta Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak berpengaruh terhadap Keberhasilan Pemerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kelurahan Klurak Kecamatan Candi Sidoarjo. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Rumahan (Wajib Pajak Orang Pribadi) di Wilayah Klurak Kecamatan Candi Sidoarjo yang berjumlah 3880 wajib pajak. Teknik penentuan ukuran sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Simple Random Sampling ditemukan sampel sebanyak 100 responden Wajib Pajak PBB. Teknik analsis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji hipotesis uji kecocokan model dan Uji t. Dari hasil pengujian diketahui bahwa variabel Pemahaman Wajib Pajak atas PBB diketahui memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dan variabel Kesadaran Perpajakan Wajib Pajak berpengaruh signifikan terhadap Keberhasilan Penerimaan PBB, serta variabel kepatuhan wajib pajak berpengaruh tidak signifikan terhadap keberhasilan penerimaan PBB. Keywords: pemahaman wajib pajak, kesadaran perpajakan wajib pajak, kepatuhan wajib pajak, keberhasilan penerimaan PBB.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      H Social Sciences > HG Finance
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 11:05
      Last Modified: 02 Mar 2011 11:05
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/453

      Actions (login required)

      View Item