FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESIONALISME DOSEN AKUNTANSI (Studi Pada Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)

MOC. , ALI TAUFAN (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESIONALISME DOSEN AKUNTANSI (Studi Pada Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur). Undergraduate thesis, Faculty of economic.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (106Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (376Kb)

      Abstract

      FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESIONALISME DOSEN AKUNTANSI (Studi Pada Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur) Oleh : MOC. ALI TAUFAN Abstrak Suatu perguruan tinggi dalam kiprahnya sebagai pencetak SDM yang berkualitas, tidak terlepas dari konsep kualitas pengajaran yang memadai, untuk itu perlu profesionalisme dalam pengelolaan suatu lembaga pendidikan, dosen memiliki profesionalisme tinggi akan berusaha meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada mahasiswa. Berdasarkan hasil survei pendahuluan dengan jumlah responden 20 Mahasiswa Jurusan Akuntansi menunjukkan adanya kesenjangan diantaranya misalnya dalam hal pemberian materi, bimbingan dan perhatian terhadap mahasiswa dinilai mahasiswa kurang intens, karena sebagian besar dosen hanya menunjukkan kemampuannya dalam memberikan materi, namun dosen kurang berperan dalam membimbing mahasiswa terhadap kesulitan yang dihadapi mahasiswa. Dalam hal absnsi, Dosen pernah mengabsensi mahasiswa, tanpa menghitung jumlah mahasiswanya yang hadir sehingga dosen tidak tahu mahasiswa tersebut hadir atau tidak. Sedangkan tentang kehadiran dosen dalam memberikan perkuliahan dianggap sudah cukup yaitu sekitar 70%. Dari fenomena tersebut mahasiswa beranggapan bahwa sedikit sekali dosen yang dapat dijadikan sebagai dosen yang teladan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh IPK mahasiswa, penghasilan orang tua mahasiswa dan pendidikan orang tua mahasiswa terhadap persepsi mahasiswa tentang profesionalisme Dosen Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Sampel yang digunakan dalam penelitan ini adalah 63 responden (Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran“ Jawa Timur, Angkatan 2007). Sedangkan sumber data yang digunakan berasal dari jawaban kuisioner yang disebar pada 63 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan alat bantu komputer, yang menggunakan program SPSS. 16.0 For Windows Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Hipotesis I yang menyatakan bahwa diduga IPK mahasiswa, penghasilan orang tua mahasiswa dan pendidikan orang tua mahasiswa akan mempengaruhi persepsi mahasiswa tentang profesionalisme Dosen Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, teruji kebenarannya Keyword : IPK mahasiswa, penghasilan orang tua mahasiswa, Pendidikan orang tua mahasiswa, dan Persepsi mahasiswa tentang profesionalisme Dosen Akuntansi

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 11:05
      Last Modified: 02 Mar 2011 11:05
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/454

      Actions (login required)

      View Item