PERAN BLACKBERRY MESSENGER SEBAGAI MEDIA PEMASARAN (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Peran Blackberry Messenger Difungsikan Sebagai Media Pemasaran Produk Maupun Jasa)

BOBBY , HERMAWAN (2012) PERAN BLACKBERRY MESSENGER SEBAGAI MEDIA PEMASARAN (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Peran Blackberry Messenger Difungsikan Sebagai Media Pemasaran Produk Maupun Jasa). Undergraduate thesis, Faculty of Social Sciences and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF (COVER - BAB I)
Download (322Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB II - DAFTAR PUSTAKA)
    Restricted to Repository staff only

    Download (1042Kb)

      Abstract

      Berkembangnya teknologi komunikasi semakin mempermudah arus pertukaran informasi. Ditambah lagi dengan hadirnya Blackberry Messenger yang anggotanya sangat fenomenal hingga Indonesia menjadi kedua terbesar pengguna Blackberry Messenger. Banyaknya pengguna Blackberry Messenger tersebut membuat jejaring sosial ini bertambah fungsi menjadi media untuk berbisnis. Peneliti ingin mengetahui seberapa berperan Blackberry Messenger bila dijadikan sebagai media komunikasi bisnis online. Penelitian ini menggunakan Teori komunikasi pemasaran, dan Teori Determinisme Teknologi. Metode dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu sebuah metode yang lebih mudah menyesuaikan bila dalam penelitian ini kenyataannya ganda, menyajikan secara langsung hubungan antara peneliti dengan objek peneliti, lebih peka serta dapat menyesuaikan diri dengan banyak pengaruh terhadap pola-pola nilai yang dihadapi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah metode deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Blackberry Messenger tidak hanya berperan sebagai media promosi dalam bisnis online, tetapi juga berperan sebagai media untuk berkomunikasi dengan calon konsumen. Selain itu Blackberry Messenger juga memberikan pangsa pasar yang luas bagi pelaku bisnis online. Hal ini tentu memberikan dampak tersendiri terhadap hasil penjualan. Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah, Blackberry Messenger merupakan jejaring sosial yang kehadirannya semakin dimaksimalkan sebagai media berbisnis online. Adanya Blackberry messenger tersebut memberikan peran tersendiri bagi para pelaku bisnis online yang menggunakan Blackberry Messenger sebagia media bisnisnya. Peran tersebut diantaranya adalah Blackberry Mesenger sebagai media promosi yang dianggap efektif oleh para informan, kedua Blackberry Mesenger berperan sebagai media komunikasi antara pelaku bisnis dengan para konsumennya. Ketiga Blackberry Mesenger berperan sebagai wadah untuk mencari pelanggan dan terakhir Blackberry Mesenger memberikan dampak terhadap peningkatan penjualan pada bisnis mereka. Kata kunci : Peran Blackberry Mesenger bagi pelaku bisnis

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.123 Communication in marketing
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 07 Apr 2014 22:08
      Last Modified: 07 Apr 2014 22:08
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4649

      Actions (login required)

      View Item