PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA APOTEK MANDIRI FARMA PAMEKASAN

Dwi , Noviati Sundari (2010) PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA APOTEK MANDIRI FARMA PAMEKASAN. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (166Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (336Kb)

      Abstract

      Setiap perusahaan berlomba untuk tetap meningkatkan kualitas layanannya, hal ini karena nama baik yang diperoleh dari masyarakat dunia usaha dan penghargaan yang diberikan oleh pelanggan seringkali dikarenakan kualitas layanan yang dianggap memuaskan. Adapun pengukuran service quality yaitu meliputi : bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan Empati. Hal ini, karena pelanggan merupakan aset berharga bagi perusahaan, dan dalam kenyataannya tidak ada satupun perusahaan atau apotek yang akan mampu bertahan hidup bila ditinggalkan pelanggannya, maka dari itu Apotek Mandiri Farma Pamekasan juga perlu meningkatkan kualitas palayanannya. Salah satunya adalah dengan mempertahankan maupun meningkatkan pelayanan terbaiknya kepada pelanggan, agar pelanggan selalu terpuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada Apotek Mandiri Farma Pamekasan. Data yang digunakan berasal dari kuesioner yang kembali dan layak untuk diolah sejumlah 114 responden, yang merupakan pelanggan Apotek Mandiri Farma Pamekasan. Data direkap dengan perangkat lunak SPSS 12 dan menggunakan LISREL 8,80 untuk mengolah data secara statistik dengan metode Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang ditunjukkan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,96 > 1,98), besarnya pengaruh sebesar 1,49 yang berarti bahwa semakin baik kualitas layanan Apotek Mandiri Farma Pameksan akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 01 Mar 2011 16:12
      Last Modified: 01 Mar 2011 16:12
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/465

      Actions (login required)

      View Item