MOTIF PRIA SURABAYA DALAM MEMBACA MAJALAH MAXIM (Studi Deskriptif tentang Motif Pria dalam Membaca Majalah MAXIM di Wilayah Surabaya)

Herly , Nur (2012) MOTIF PRIA SURABAYA DALAM MEMBACA MAJALAH MAXIM (Studi Deskriptif tentang Motif Pria dalam Membaca Majalah MAXIM di Wilayah Surabaya). Undergraduate thesis, Faculty of Social Sciences and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF (COVER - BAB I)
Download (294Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB II - DAFPUS)
    Restricted to Repository staff only

    Download (693Kb)

      Abstract

      Herly Nur. Motif Pria Surabaya Dalam Membaca Majalah MAXIM (Studi Deskriptif Motif Pria Dalam Membaca Majalah MAXIM) Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana motif masyarakat Surabaya membaca majalah MAXIM. Majalah MAXIM merupakan majalah pria dewasa yang 60% dari isinya adalah tentang wanita dan sex ada pula tentang kesehatan pria dan artikel – artikel yang mengulas tentang model yang mengulas tentang sex serta foto – foto dari model atau artist ternama yang memakai pakaian minim dan pose yang berani. Dari penelitian ini dapat diketahui bagaimana motif pria Surabaya dengan indikator tinggi, sedang, dan rendah terhadap Majalah MAXIM. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model uses and gratifications menunjukkan bahwa yang menjadi permasalahan utama bukanlah bagaimana media mengubah sikap dan perilaku khalayak, tetapi bagaimana media memenuhi kebutuhan pribadi dan sosial khalayak, pengklasifikasian motif digunakan katagori motif Blumler yaitu : Motif Cognitif (kebutuhan akan informasi) Motif Diversi (hiburan), Motif Identitas Personal (Personal Identity) Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Pria Surabaya yang pernah membaca majalah MAXIM dengan batasan usia responden adalah 21 – 45 tahun. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik Eksidental sampling yaitu mengambil jawaban dari siapa saja orang yang dijumpai dan telah ditentukan klasifikasinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari ketiga motif yaitu motif kognitif, motif identitas personal dan motif diversi responden membaca majalah MAXIM, pada motif kognitif dan difersi mempunyai prosentase yang tinggi, sedangkan pada motif identitas personal mempunyai prosentase yang sedang. Hasil ini mempunyai relevansi bahwa majalah MAXIM bertemakan lifestyle pria dewasa metropolitan dan isi dari majalah yang mencakup dari beragam informasi yang dibutuhkan oleh pria dewasa. Kata kunci : Motif, Masyarakat, Majalah MAXIM

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 11 Sep 2013 13:30
      Last Modified: 11 Sep 2013 13:31
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4661

      Actions (login required)

      View Item