PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILTAS DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Sulistyo , wahyuni (2010) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILTAS DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (195Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (273Kb)

      Abstract

      Perataan Laba merupakan tindakan yang umum dilakukan manajer secara sengaja untuk meratakan atau menfluktuasikan tingkat laba, sehingga pada saat sekarang dipandang normal bagi suatu perusahaan yang diharapkan mempuyai pengaruh yang bermanfaat bagi evaluasi kinerja manajemen sehingga menarik perhatian pihak luar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasikan dan menganalisis pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan financial Leverage terhadap Perataan Laba pada perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tiga faktor yang diuji dalam penelitian ini yang tertuang dalam hipotesa yang berhubungan dengan perataan laba ini adalah Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Financial Leverage. Untuk mengidentifikasikan perusahaan yang melakukan perataan laba dengan menggunakan Indeks Eckel. Hasil dari Indeks Eckel ini menunjukan bahwa perataan laba juga dilakukan oleh beberapa perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampling Purposive. Sampel terdiri dari 5 perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 4 tahun dari tahun 2005- 2008. teknik dalam penelitian ini menggunakan analisa dengan uji regresi linear berganda dengan di dukung SPSS 13. Ukuran Perusahaan secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap perataan laba, Profitabilitas secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap perataan laba, Financial Leverage secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap perataan laba, sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini tidak teruji kebenarannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 01 Mar 2011 16:56
      Last Modified: 01 Mar 2011 16:56
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/476

      Actions (login required)

      View Item