ANALISIS PENGARUH NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM UPAYA MINAT BELI ULANG PRODUK HANDPHONE MEREK NOKIA DI SURABAYA

Dede , Febrianto (2010) ANALISIS PENGARUH NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM UPAYA MINAT BELI ULANG PRODUK HANDPHONE MEREK NOKIA DI SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (94Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (234Kb)

      Abstract

      Penelitian ini dilakukan pada produk handphone merek Nokia. Fenomena yang dihadapi oleh perusahaan saat ini adalah semakin menurunnya nilai pelanggan (brand value) dan tingkat kepuasan pelanggan. Berdasarkan Indonesian Best Brand tentang nilai brand value produk handphone merek Nokia periode tahun 2007 - 2009 menunjukkan bahwa dari tahun 2007 - 2009, telah terjadi penurunan brand value pada produk handphone merek Nokia dari 86,4 pada tahun 2007 menjadi 82,1 pada tahun 2008, dan terakhir menjadi 73,8 pada tahun 2009. Fenomena tersebut didukung oleh tingkat kepuasan konsumen terhadap produk handphone merek Nokia yang menempati urutan kedua setelah handphone merek LG. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan dan dampaknya terhadap minat beli ulang produk handphone merek Nokia di Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Pengambilan sampel didasari oleh asumsi SEM yaitu 5-10 kali parameter yang diestimasi. Pada penelitian ini ada 10 indikator, sehingga jumlah sampel yang diestimasi adalah antara 50-100 responden. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebesar 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM yang akan mempermudah untuk melihat pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan dan dampaknya terhadap minat beli ulang yang akan diuji. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai pelanggan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan pada produk handphone merek Nokia di Surabaya, serta kepuasan pelanggan mampu meningkatkan minat beli ulang pelanggan pada produk handphone merek Nokia di Surabaya

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 01 Mar 2011 17:23
      Last Modified: 01 Mar 2011 17:23
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/483

      Actions (login required)

      View Item