FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA JASA WARNET DAN MULTIPLAYER “NEXT” DI SURABAYA

Muhamad Singgih, Wujud (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA JASA WARNET DAN MULTIPLAYER “NEXT” DI SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (189Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (540Kb)

      Abstract

      Peranan warnet atau warung internet dikenal dengan layanan jasa internet, sedangkan multiplayer sendiri dikenal dengan layanan jasa permainan game online. Tiap warnet dan multiplayer memberikan kelebihan-kelebihan tersendiri pada jasa yang ditawarkan begitu juga fasilitas pendukung agar pelanggan menjadi loyal. Warnet dan multiplayer Next menawarkan jasa layanan internet dan permainan game online dalam waktu dan tempat yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan, kualitas jasa, citra dan rintangan untuk berpindah secara simultan dan parsial terhadap loyalitas pelanggan dalam memakai jasa warnet dan multiplayer Next di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan atau member yang memakai jasa warnet dan multiplayer pada bulan Juni 2010 sebanyak 384 pelanggan. Sampling diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil analisis membuktikan bahwa secara simultan kepuasan pelanggan, kualitas jasa, citra dan rintangan untuk berpindah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas sebagai variabel terikat. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan hasil Fhitung = 8,872 lebih besar dari Ftabel = 2,49. Secara parsial diantara variabel independen variabel kepuasan pelanggan, kualitas jasa, dan rintangan untuk berpindah berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan terbukti kebenarannya. Hal ini terbukti bahwa dari nilai thitung variabel kepuasan = 2,051 lebih besar dari ttabel = 1,993, Variabel kualitas jasa memperoleh thitung = 2,507 lebih besar dari ttabel = 1,993, Variabel rintangan untuk berpindah memperoleh thitung = 2,257 lebih besar dari ttabel = 1,993. Untuk variabel citra secara parsial tidak berpengaruh terhadap loyalitas hal ini dapat dilihat bahwa untuk variabel citra memperoleh thitung = 0,450 lebih kecil dari ttabel = 1,993.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 09:52
      Last Modified: 02 Mar 2011 09:52
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/486

      Actions (login required)

      View Item