STRATEGI BISNIS PEDAGANG KAKI LIMA ( Studi pada Pedagang Kaki Lima di FoodCourt Urip Sumaharjo Surabaya)

Septia, Widiastuti (2010) STRATEGI BISNIS PEDAGANG KAKI LIMA ( Studi pada Pedagang Kaki Lima di FoodCourt Urip Sumaharjo Surabaya). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (240Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (501Kb)

      Abstract

      Dengan adanya penataan kota di kota Surabaya dan adanya perekonomian yang saat ini berkembang dengan pesat terjadilah banyaknya pengangguranpengangguran dimana-mana. Demikian juga dengan pendidikan yang dikarenakan biaya yang berat membuat anak-anak tidak dapat melanjutkan sekolahnya dengan baik. Pemerintah kota Surabaya menginginkan pedagang kaki lima tersebut mereka memiliki tempat yang khusus untuk pedagang kaki lima yang berjualan makanan dan minuman yaitu salah satunya adalah food court urip sumoharjo Surabaya ini. Dan adanya sektor usaha mikro,kecil menengah merupakan sektor yang penting dalam suatu perekonomian nasional. Sektor ini telah diuji mampu mendorong ekonomi nasional pada saat negara dalam kondisi yang krisis dan dapat menampung tenaga kerja yang dalam jumlah besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu yang digunakan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang dapat di amati. Dalam penalitian ini digunakan 5 responden dengan menggunakan wawancara mendalam. Dimana responden ini diambil dengan menggunakan teknik purposive. Dari hasil strategi bisnis pedagang kaki lima (studi kasus pedagang kaki lima di food court urip sumoharjo Surabaya) yang diamati dalam penelitian menunjukkan bahwaa didalam mengelola keuangan, para PKL masih melakukan pencatatan keuangan secara tradisional (manual) dalam artian mereka belum memisahkan antara keuangan pribadi dan usaha. Dari sisi strategi produksi, para PKL berusaha mempertahankan resep maupun menu yang mereka sajikan kepada konsumen. Dalam aspek pemasaran, para PKL lebih bersikap pasif dalam memasarkan produk mereka. Sedangkan didalam sumber daya manusia merekrut tenaga kerja, mereka mengambil tenaga kerja dari daerah asal maupun dari keluarga dekat mereka.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 09:52
      Last Modified: 02 Mar 2011 09:52
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/488

      Actions (login required)

      View Item