ANALISIS ISI RUBRIK OPINI PADA SURAT KABAR KOMPAS (Studi Deskriptif Analisis Isi Dalam Rubrik Opini Pada Surat Kabar Kompas Bulan Oktober 2009 Sampai Bulan Desember 2009)

RAHAJENG K,, - (2010) ANALISIS ISI RUBRIK OPINI PADA SURAT KABAR KOMPAS (Studi Deskriptif Analisis Isi Dalam Rubrik Opini Pada Surat Kabar Kompas Bulan Oktober 2009 Sampai Bulan Desember 2009). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (102Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (327Kb)

      Abstract

      Rubrik opini merupakan suatu tempat atau wadah yang sengaja disediakan oleh lembaga penerbitan surat kabar, sebagai tempat penampungan aspirasi masyarakat dalam mengeluarkan pendapatnya tentang berbagai hal kepada pihak lain yang dituju. Sesuai dengan penelitian ini, obyek penelitian adalah media cetak yaitu surat kabar Kompas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tema berita apa yang paling sering diangkat dalam rubrik Opini pada surat kabar Kompas bulan Oktober 2009 s/d Desember 2009 karena bulan tersebut merupakan bulan pelantikan presiden SBY yang kedua dan bertujuan untuk mengetahui arah opini terhadap permasalahan yang sedang diangkat dalam rubrik opini serta untuk mengetahui jenis opini dalam rubrik opini. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Elemen-Elemen Dalam Jurnalistik, Rubrik, Opini, Tulisan Opini Dalam Surat Kabar, Tajuk Rencana, dan Analisis Isi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berdasarkan tataran analisis tentang tema utama rubrik opini surat kabar Kompas periode Oktober 2009 s/d Desember 2009. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tema utama rubrik opini surat kabar Kompas periode Oktober 2009 s/d Desember 2009. Dengan jumlah sampel penelitian 28 tema utama. Teknik penarikan sampel yang digunakan pengambilan sampel yang mewakili (representative) dari seluruh populasi yang ada. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan secara keseluruhan dari bulan Oktober 2009 s/d Desember 2009, tema opini yang paling banyak ada pada tema oprini yang merujuk kepada berita atau peristiwa yang aktual yang paling menonjol atau paling banyak frekuensi beritanya yaitu tema tentang politik, dikarenakan dalam tema tersebut memiliki daya tarik dan penting untuk segera diketahui oleh khalayak pembaca terutama orang yang berkepentingan atau memelukan informasi tersebut. Arah opini kemabanyakan berada pada arah negatif yang ditujukkan untuk mengkritik atau menolak suatu kegiatan atau keputusan yang dirasa kurang tepat dilakukan. Sedangkan jenis opini yang paling banyak muncul ada pada jenis opini informatif yang merupakan usaha penulis untuk memberikan keterangan-keterangan latar belakang tentang hal atau masalah tertentu kepada pembaca.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 01 Mar 2011 21:18
      Last Modified: 02 Mar 2011 12:53
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/494

      Actions (login required)

      View Item