STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN KERUPUK UDANG ( Studi Kasus Di Perusahaan Kerupuk Udang “MORO SENENG” Candi – Sidoarjo )

MIYA , ISTIGHFARONA RAHMA (2012) STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN KERUPUK UDANG ( Studi Kasus Di Perusahaan Kerupuk Udang “MORO SENENG” Candi – Sidoarjo ). Undergraduate thesis, UPN "veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (292Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (871Kb)

      Abstract

      Perkembangan ekonomi ditandai dengan adanya perubahan – perubahan yang menyebabkan perusahaan akan menghadapi berbagai kendala di dalam perkembangan bisnisnya. Aktivitas bauran pemasaran memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Strategi pemasaran merupakan salah satu faktor utama keberhasilan perusahaan dalam memperoleh pendapatan dan keuntungan bagi perusahaan. Perusahaan harus mampu menghasilkan sejumlah produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan pasar. Untuk itu perusahaan harus mempertimbangkan berbagai hal antara lain : kualitas produk, harga produk, kemasan produk, dan cara mempromosikan produk tersebut. Kebijakan suatu perusahaan untuk menentukan strategi pemasarannya akan menentukan volume penjualan dari perusahaan tersebut. Apabila kegiatan pemasaran terlaksana dengan baik , maka akan memberikan keuntungan bagi semua pihak. Perusahaan harus menetapkan suatu strategi pemasaran yang tepat, yang mana dalam strategi pemasaran tersebut terdapat berbagai macam cara dan metode yang melihat pada berbagai faktor – faktor yang mempengaruhinya termasuk juga faktor internal dan eksternal yang ada. Tujuan dari penelitian tersebut adalah : a) untuk mengetahui pemasaran kerupuk udang pada saat ini, b) untuk mengetahui kecenderungan (trend) pemasaran kerupuk udang sampai 24 bulan yang akan datang, c) untuk mengetahui strategi pemasaran bagi perusahaan kerupuk udang “Moro Seneng” dalam meningkatkan volume penjualan kerupuk udang. Metode penelitian yang dipakai peneliti adalah : a) analisis trend linier untuk mengetahui perkembangan volume penjualan kerupuk udang di perusahaan kerupuk “Moro Seneng” yang Hak Cipta © milik UPN "Veteran" Jatim : Dilarang mengutip sebagian atau seluruh karya tulis ini tanpa mencantumkan dan menyebutkan sumber. akan mendatang. b) Analisis SWOT merupakan analisis untuk menentukan strategi pemasaran kerupuk udang. Hasil dari penelitian adalah : a) Perkembangan penjualan kerupuk udang merk Super Ekstra mengalami peningkatan rata – rata sebesar 298,25 Kg/bulan, Victoria sebesar 242,0555 Kg/bulan serta prospek peningkatan penjualan kerupuk udang selama 24 bulan kedepan merk Super Ekstra sebesar 7405.639 Kg/bulan dan Victoria sebesar 5864 Kg/bulan, untuk kerupuk udang merk Nirmala mengalami penurunan rata – rata sebesar -52,777783 Kg/bulan serta prospek selama 24 bulan penjualan kerupuk udangnya menurun sebesar 16419.33 Kg/bulan. b) hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa strategi pemasaran kerupuk udang perusahaan “Moro Seneng” terletak pada kuadran I yaitu strategi agresif, artinya strategi yang memanfaatkan peluang dengan menggunakan kekuatan yang ada. Dengan adanya peluang dan kekuatan perusahaan harus lebih agresif untuk meningkatan kuantitas,kualitas produk dengan pengembangan dan diversifikasi produk, pengembangan pasar dengan membentuk pasar yang lebih luas, penetrasi pasar dengan peningkatan promosi, mempertahankan hubungan kemitraan dengan pemasok bahan baku untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan berusaha menekan harga jual, perluasan daerah pemasaran dengan menambah jaringan distribusi melalui pemanfaatan teknologi.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59 Public relations. Industrial publicity
      Divisions: Faculty of Agriculture > Agribusiness
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 26 Mar 2014 14:16
      Last Modified: 26 Mar 2014 14:16
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4973

      Actions (login required)

      View Item