PEMAKNAAN IKLAN ROKOK GUDANG GARAM INTERNASIONAL ( Studi semiotik terhadap pemaknaan iklan gudang garam internasional versi “sepak bola fair play” di televisi ).

KHARISMA , ABIDIN, (2010) PEMAKNAAN IKLAN ROKOK GUDANG GARAM INTERNASIONAL ( Studi semiotik terhadap pemaknaan iklan gudang garam internasional versi “sepak bola fair play” di televisi ). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (99Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (336Kb)

      Abstract

      Iklan rokok selalu memiliki faktor metafora dalam menyampaikan pesannya yang mengandung makna tersembunyi. Ketertarikan peneliti pada pemilihan iklan rokok Gudang Garam Internasional versi ”Sepak Bola Fair Play” sebagai objek penelitian dan juga karena dekatnya even akbar Piala Dunia bulan juni yang diadakan setiap 4 tahunan selain iklan tersebut masih ditayangkan, iklan tersebut juga mempunyai daya tarik yang dimiliki untuk menjual produk dari script iklan yang memberikan gambaran tentang suatu informasi yang membentuk sikap khalayak bermain Fair Play. Analisis yang dilakukan pada cinema atau layar lebar menurut john fiske disetarakan dengan analisis film (iklan) yang ditayangkan ditelevisi. Sehingga analisis yang dilakukan pada iklan rokok Gudang Garam Internasional versi “sepak bola Fair Play”, menurut John Fiske dibagi menjadi tiga level, yaitu : level realitas, level representasi dan level ideologi Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan cara mengamati iklan produk rokok Gudang Garam Internasional versi ”Sepak bola Fair Play” di televisi secara langsung. Merekam dalam bentuk digital, kemudian mengcapture berdasarkan pendekatan semiotik John Fiske Hasil pembahasan iklan ini membagi shot menjadi beberapa bagian kemudian di analisis iklan tersebut meliputi setting, property, sudut pengambilan gambar, pencahayaan dan tanda non verbal. Kesimpulan pada penelitian iklan Gudang Garam Internasional Versi ” Sepak Bola Fair Play” di Televisi semakin memperkuat konsep tindakan Fair Play saat melakukan pertandingan Sepak Bola tanpa ada unsur kekerasan dan pemain dan penonton sangat mempengaruhi hasil pertandingan yang terlaksana.sehingga jelas sekali bahwa sikap Fair Play perlu dikedepankan dalam sebuah pertandingan bola.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 01 Mar 2011 21:44
      Last Modified: 02 Mar 2011 12:50
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/498

      Actions (login required)

      View Item