JATMIKO , YUGO HARSONO (2012) Kualitas Pelayanan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) Di Unit Pelayanan SIM Keliling Satlantas Polrestabes Surabaya Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Undergraduate thesis, Faculty of Social Sciences and Political Science.
![]()
| PDF (cover - bab 1) Download (491Kb) | Preview | |
![]() | PDF (bab 2- daftar pustaka) Restricted to Repository staff only Download (3267Kb) |
Abstract
(0741010011). Kualitas Pelayanan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) Di Unit Pelayanan SIM Keliling Satlantas Polrestabes Surabaya Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi Polrestabes Surabaya sempat mengalami kendala dan di informasikan melalui facebook RTMC Polda jatim, tidak akan melayani masyarakat pada hari ini di Taman Bungkul Jalan Raya Darmo. Hal ini tidak mudah diketahui masyarakat yang tidak aktif menggunakan fecebook sehingga masyarakat tidak mengetahuai adanya kekosongan layanan maka yang terlanjur datang ke tempat layanan SIM Taman Bungkul mengalami kekecewaan. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Unit Pelayanan SIM Keliling Satlantas Polrestabes Surabaya Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang memiliki satu variabel yaitu tentang Kualitas Pelayanan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Unit Pelayanan SIM Keliling yang diukur dari pedoman Indeks Kepuasan Masyarakat. Untuk mengukur kualitas pelayanan maka digunakan 14 unsur sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri PAN Nomor : 25/KEP/M.PAN/2/2004. Di dalam penelitian ini yang menjadi responden adalah para pemohon perpanjangan SIM di SIM Keliling sebanyak 150 responden, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Accidental Sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Hasil dari penelitian ini adalah besarnya nilai Indeks Kepuasan Masyarakat pada penelitian ini yaitu 77,7275 masuk dalam kategori nilai persepsi 3, nilai interval IKM 2,51-3,25 dengan mutu pelayanan B sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja unit pelayanan SIM Keliling Satlantas Polrestabes Surabaya Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).masuk dalam kategori BAIK. Penyelengaraan pelayanan perpanjangan SIM yang diberikan oleh unit Pelayanan SIM keliling Satlantas Polrestabes Surabaya hanya satu unsur yang mendapat penilaian sangat baik yaitu unsur prosedur pelayanan dengan nilai rata-rata 3,2667, sedangkan 13 unsur yang lain mendapat penilaian baik dan yang paling rendah adalah unsur kedua yaitu persyaratan pelayanan dengan nilai rata-rata 2,9733.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1601 Civil Service |
Divisions: | Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration |
Depositing User: | Kontho Hadi |
Date Deposited: | 08 Apr 2014 11:04 |
Last Modified: | 08 Apr 2014 11:04 |
URI: | http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4999 |
Actions (login required)
View Item |