REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI. (Studi Semiotik Tentang Representasi Maskulinitas Dalam Iklan Shampo Zinc versi Agnes Monica).

NADYA., - (2010) REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI. (Studi Semiotik Tentang Representasi Maskulinitas Dalam Iklan Shampo Zinc versi Agnes Monica). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (86Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (921Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada kurangnya pemahaman tentang makna maskulinitas di masyarakat Indonesia khususnya maskulinitas dalam hubungannya dengan citra perempuan dalam iklan. Iklan Shampo Zinc versi Agnes Monica ini merupakan sebuah iklan yang dengan berani menampilkan citra serta sisi berbeda dari seorang perempuan yaitu sisi maskulinitas dan menyajikannya ke dalam sebuah iklan. Iklan merupakan salah satu media komunikasi massa yang efektif dalam menyampaikan pesan kepada komunikannya. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan representasi maskulinitas dalam iklan tersebut. Maskulinitas merupakan kualitas untuk menjadi maskulin (menjadi atau seperti lakilaki). Dimana maskulinitas selama ini identik dengan penggambaran fisik yang besar serta sifat kelelakian lainnya. Sebagai landasan teori, penelitian ini menggunakan pendekatan Semiotika John Fiske dalam iklan Televisi, Iklan Televisi, Periklanan dalam bentuk Komunikasi Massa, Penggunaan warna dalam Iklan, Citra Perempuan dalam Iklan, Identitas Maskulinitas, Representasi dan Komunikasi Non-verbal. Penelitian ini, merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode semiotika. Korpus penelitian adalah iklan Shampo Zinc versi Agnes Monica menjadi 2 scene dalam format FLV. Data analisis dalam penelitian ini melalui 3 level yakni level realitas menekankan pada unsur penampilan, kostum, dan make-up, setting serta gerak tubuh. Level Representasi fokus kepada teknik kamera, editing, pencahayaan dan suara. Level ideology merupakan pengorganisasian ke dalam kesatuan (coherence) dan penerimaan sosial (social acceptability) seperti individualism, kelas patriarki, pluralisme, umur, ras, dan sebagainya. Dari data yang dianalisa, peneliti menarik kesimpulan bahwa iklan ini sarat akan muatan representasi maskulinitas pada seorang perempuan tidak hanya dapat dilihat dari ciriciri fisik namun lebih menonjolkan pada sisi kepribadian. Peneliti menemukan berbagai macam karakteristik maskulinitas dalam diri seorang perempuan baik secara fisik maupun psikis. Maskulinitas dalam diri seorang perempuan dapat ditunjukkan dengan tampilnya seorang perempuan di wilayah publik yang selama ini di dominasi oleh laki-laki. Karakteristik perempuan yang berkarier, aktif dalam masyarakat, penuh dengan semangat dalam hidup, bersikap agresif, kompetitif dan suka berargumen dalam setiap kesempatan, pantang menyerah dan tidak takut dalam menghadapi tantangan yang diberikan, serta berani menunjukkan jati diri yang sebenarnya dengan tegas kepada masyarakat dapat dikategorikan sebagai seorang perempuan yang memilih gender maskulin. Namun dibalik semua karakteristik maskulinitas yang ditunjukkan, perempuan selamanya akan tetap menjadi seorang perempuan yang penuh dengan keanggunan dan cinta kasih. Peneliti menyimpulkan bahwa Iklan Shampo Zinc versi Agnes Monica telah mampu menyajikan dan mengangkat sisi perempuan yang berbeda dari iklan-iklan lainnya yaitu dari sisi maskulinitas seorang perempuan. Maka diharapkan akan banyak lagi iklan-iklan bermutu yang mengangkat tema semacam ini.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 01 Mar 2011 22:50
      Last Modified: 01 Mar 2011 22:50
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/507

      Actions (login required)

      View Item