PENGGAMBARAN LAKILAKI DALAM LIRIK LAGU “SELIR HATI” ( Studi Semiotik Tentang Penggambaran Laki-laki Dalam Lirik Lagu “Selir Hati” yang dipopulerkan oleh grup band TRIAD Dalam Album TRIAD).

DESAK, GDE KALPIKA ADITAMA (2010) PENGGAMBARAN LAKILAKI DALAM LIRIK LAGU “SELIR HATI” ( Studi Semiotik Tentang Penggambaran Laki-laki Dalam Lirik Lagu “Selir Hati” yang dipopulerkan oleh grup band TRIAD Dalam Album TRIAD). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (322Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (321Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada fenomena munculnya perubahan stereotype lakilaki terhadap perempuan dalam percintaan. Perubahan ini berupaya memperjuangkan ketidakadilan gender antara laki-laki dan perempuan. Beberapa media sudah mulai digunakan sebagai sarana sosialisasi kesetaraan gender dan salah satunya melalui lagu. Penelitian didasarkan pada ketertarikan peneliti pada stereotype yang melekat pada diri laki-laki maupun perempuan. Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana penggambaran laki-laki yang terdapat dalam lirik lagu “Selir Hati”, dengan menggunakan kajian pustaka yaitu komunikasi sebagai produksi dan pertukaran makna, musik dan lagu, penggambaran, konsep gender, pendekatan gender, konstruksi sosial gender, budaya patriarki, laki-laki lemah dalam percintaan, musik sebagai media komunikasi dan pendekatan semiotika Saussure. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan semiotik yang dikemukakan oleh Saussure. Unit analisisnya adalah tandatanda berupa tulisan terdiri atas kata-kata yang membentuk kalimat yang ada pada lirik lagu “Selir Hati”. Corpus penelitian ini adalah lirik lagu dengan judul “Selir Hati” yang terdapat dalam album TRIAD. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data yaitu lirik lagu “Selir Hati” penggambaran terhadap lirik lagu ini menggunakan dikotomi-dikotomi dari Saussure tentang signifier (penanda) dan signified (petanda); langue (bahasa) dan parole (ujaran); serta syntagmatic (sintagmatik) dan associative (paradigmatik) untuk mencari tahu penggambaran laki-laki yang terkandung dalam lirik lagu “Selir Hati” berdasarkan konsep gender. Penelitian ini dilakukan dengan cara memaknai setiap kata yang terdapat dalam baris kalimat, dan setiap baris kalimat yang terdapat dalam bait, serta setiap bait dalam keseluruhan lirik lagu “Selir Hati”, sehingga menghasilkan penggambaran terhadap laki-laki dalam lirik lagu tersebut berupa pesan yang ingin disampaikan yaitu laki-laki dalam menjalin hubungan dalam percintaan ternyata tidak menggunakan rasionya akan tetapi lebih dominan melankolis. Kesimpulan dari hasil analisis dan interpretasi dalam lirik lagu “Selir Hati” lakilaki digambarkan berlawanan dengan stereotype yang melekat padanya. Dalam lirik lagu tersebut laki-laki bersifat pasif dan rela menjadi pihak kedua (selir hati), padahal dalam kenyataannya perempuan lah yang menjadi pihak kedua (selir hati). Lirik lagu “Selir Hati” berupaya untuk menyadarkan kepada masyarakat bahwa sesungguhnya laki-laki dapat menjadi pihak kedua (selir hati) dari perempuan. Hal ini dikarenakan adanya kesetaraan gender yang mengakibatkan laki-laki dan perempuan ditempatkan pada posisi yang sama dan saling mendominasi.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 01 Mar 2011 23:26
      Last Modified: 04 Mar 2011 16:52
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/511

      Actions (login required)

      View Item