REPRESENTASI SEKS BEBAS DALAM LIRIK LAGU ”LAKUKAN DENGAN CINTA” (Studi Semiologi Tentang Representasi Seks Bebas Dalam Lirik Lagu ”Lakukan Dengan Cinta” yang dipopulerkan oleh Mahadewi dan The Law)

WINDY , TRIAS ANGGRAINI. (2010) REPRESENTASI SEKS BEBAS DALAM LIRIK LAGU ”LAKUKAN DENGAN CINTA” (Studi Semiologi Tentang Representasi Seks Bebas Dalam Lirik Lagu ”Lakukan Dengan Cinta” yang dipopulerkan oleh Mahadewi dan The Law). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (83Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (466Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada sebuah fenomena sosial yang sedang terjadi di masyarakat yaitu seks bebas, dimana hal tersebut masih dianggap tabu untuk diungkapkan. Lagu ”Lakukan Dengan Cinta” merupakan salah satu lagu yang mengungkapkan fenomena tersebut kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan Teori Semiologi Roland Barthes. Konsep yang digunakan adalah peta tanda Roland Barthes dalam lima kode pembacaan yaitu, kode hermeunitik, kode proaretik, kode semik, kode simbolik, dan kode cultural yang akan digunakan untuk memaknai setiap lirik dalam lagu tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diambil langsung dari lirik lagu ”Lakukan Dengan Cinta”. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini peneliti menginterpretasikan teks dalam lirik lagu ”Lakukan Dengan Cinta”, serta menyimpulkan berbagai makna mengenai bagaimana seks bebas digambarkan dalam lirik lagu tersebut. Penelitian dilakukan dengan cara memaknai setiap kata sehingga menghasilkan pemahaman terhadap representasi seks bebas. Didapat hasil analisis bahwa lirik lagu ”Lakukan Dengan Cinta” terdapat pesan yang mengisyaratkan bahwa saat ini mempertontonkan kedekatan-kedekatan seperti bermesraan dengan pasangan dapat dengan leluasa dilakukan walapun telihat sangat vulgar. Dari hasil pemaknaan dapat diketahui bahwa lirik lagu ”Lakukan Dengan Cinta” mempresentasikan realitas sosial saat ini dengan menunjukkan tindakan-tindakan yang dilakukan bersama pasangan yang semakin terbuka diungkapkan kepada masyarakat atau publik, dimana dari pengungkapan tersebut dapat menimbulkan efek bagi orang yang melihat ataupun yang mendengarnya. Dalam lirik lagu ”Lakukan Dengan Cinta” disitu ada sebuah ajakan untuk menunjukkan kemesraan dengan pasangan kepada publik meskipun telihat sangat vulgar atau tidak pantas.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 01 Mar 2011 23:50
      Last Modified: 01 Mar 2011 23:51
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/513

      Actions (login required)

      View Item