ANALISIS PENGARUH LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN KESAN KUALITAS TERHADAP EKUITAS MEREK PADA DETERGEN BUBUK “RINSO” DI SURABAYA

Agung , Winarto (2010) ANALISIS PENGARUH LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN KESAN KUALITAS TERHADAP EKUITAS MEREK PADA DETERGEN BUBUK “RINSO” DI SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (106Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (267Kb)

      Abstract

      Berdasarkan hasil survei Indonesian Best Brand (IBBA) pada majalah SWA, 18 / XXIV / 21 Agustus – 3 September 2008, menunjukkan bahwa selama tiga tahun mulai dari tahun 2006 - 2008, Brand value (BV) detergen bubuk rinso terus mengalami penurunan. Pada tahun 2006, BV detergen bubuk rinso sebesar 278,7, selanjutnya pada tahun 2007 detergen bubuk rinso tersebut tidak ikut disurvei, dan terakhir pada tahun 2008 , BV detergen bubuk rinso mengalami penurunan lagi menjadi 43,8. Penurunan BV pada detergen bubuk rinso ini mengindikasikan bahwa kekuatan merek (brand equity) Detergen Bubuk Rinso semakin melemah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh loyalitas merek, kesadaran merek, dan kesan kualitas terhadap ekuitas merek pada detergen bubuk rinso di surabaya Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden yaitu konsumen yang sedang melakukan pembelian detergen bubuk Rinso di Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling tepatnya tepatnya accidental sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang tersebut cocok sebagai sumber data. Pengambilan sampel didasari oleh asumsi SEM bahwa besarnya sampel yaitu 5 – 10 kali parameter yang diestimasi, Pada penelitian ini ada 15 indikator, sehingga jumlah sampel yang diestimasi yaitu antara 75-150. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebesar 105 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM diagram yang akan mempermudah untuk melihat pengaruh loyalitas merek, kesadaran merek, dan kesan kualitas terhadap ekuitas merek yang akan diuji. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kesadaran merek dan kesan kualitas berpengaruh positif terhadap ekuitas merek pada detergen bubuk Rinso di Surabaya, sedangkan loyalitas merek tidak berpengaruh terhadap ekuitas merek pada detergen bubuk Rinso di Surabaya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 02 Mar 2011 10:14
      Last Modified: 02 Mar 2011 10:14
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/520

      Actions (login required)

      View Item