FINDRI , PRIYANGGANI (2012) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KLINIK KECANTIKAN “ALAMANDA” DI SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Economics.
![]()
| PDF (Cover - Bab 1) - Published Version Download (697Kb) | Preview | |
![]() | PDF (Bab 2 - Daftra Pustaka) - Published Version Restricted to Repository staff only Download (605Kb) |
Abstract
Dalam upaya meningkatkan relationship antara salon dengan pelanggan klinik kecantikan “Alamanda”, salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah bagaimana menciptakan loyalitas pada pelanggan yang telah ada, sehingga dengan adanya loyalitas pelanggan maka memungkinkan akan adanya usaha dari pelanggan yang loyal untuk mulai mengenalkan klinik kecantikan “Alamanda” tempat melakukan perawatan wajah kepada orang lain yang belum menggunakan jasa klinik kecantikan “Alamanda” untuk jasa perawatan muka dan salon kecantikan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah “Untuk menganalisis pengaruh relationship merketing terhadap loyalitas pelanggan klinik kecantikan Alamanda di Surabaya”. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan klinik kecantikan Alamanda di Surabaya sebanyak 540 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 160 orang pelanggan klinik kecantikan Alamanda di Surabaya. Adapun teknik sampel yang dipergunakan adalah Purposive sampling yaitu sampel berdasarkan tujuan yaitu pelanggan yang memiliki kriteria wanita dengan usia 20th s/d 45th, telah menjadi pelanggan + 1th, telah melakukan perawatan wajah, whitening dan peremajaan kulit. Alasan sampel tersebut karena pada usia 20th s/d 45th merupakan rata-rata usia pelanggan wanita yang mengalami permasalahan keluhan kulit wajah (jerawat, flek hitam, wajah kusam). Menjadi pelanggan + 1th karena dianggap loyal. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis PLS. Berdasarkan hasil uji hipotesis terlihat bahwa “Realtionship Marketing berpengaruh terhadap Loyalitas pelanggan”. Hal ini mengandung arti bahwa relationship marketing yang dilakukan kepada pelanggan memberikan dampak langsung kepada pelanggan untuk tetap loyal kepada perusahaan dan tetap menggunakan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Kata kunci: relationship marketing, loyalitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior |
Divisions: | Faculty of Economics > Management |
Depositing User: | Fitri Yulianto |
Date Deposited: | 02 Apr 2014 12:27 |
Last Modified: | 02 Apr 2014 12:28 |
URI: | http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5237 |
Actions (login required)
View Item |