PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE MEREK NOKIA (Studi pada Mahasiswa S-1 Reguler UPN “Veteran” Jawa Timur)

H.TARHIBUL , FATHIR (2012) PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE MEREK NOKIA (Studi pada Mahasiswa S-1 Reguler UPN “Veteran” Jawa Timur). Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab 1) - Published Version
Download (317Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 2 - Daftar Pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (714Kb)

      Abstract

      Pada tahun- tahun terakhir, persaingan dalam dunia bisnis semakin kompetitif, hal ini dipicu oleh maraknya issu perdagangan bebas. Merek-merek produk asing sering kali sangat mudah dijumpai di pasaran Indonesia. Apalagi produk-produk dengan teknologi tinggi yang sebagian besar berasal dari produk asing, termasuk ponsel (Smartphone). Nokia, sebagai market leader Smartphone di Indonesia mengalami penurunan pangsa pasar akibat datangnya para pendatang baru, antara lain Smartphone dari Cina dengan harga yang relative murah dengan fitur yang beragam hingga ponselponsel pendatang dengan harga yang lumayan mahal seperti Black Berry dari RIM maupun iPhone produksi Apple dengan segmen menengah ke atas. penelitian ini mengulas upaya yang dilakukan Nokia untuk mempertahankan posisinya sebagai market leader dengan cara membentuk dan meningkatkan ekuitas merek sekuat mungkin, karena ekuitas merek yang kuat dapat mendorong konsumen untuk melakukan minat pembelian bahkan pembelian ulang pada produk tersebut. Adapun masalah penelitian ini adalah ”apakah indikator ekuitas merek (brand equity) pada produk Smartphone merek Nokia dapat mempengaruhi minat pembelian konsumen pada produk Smartphone merek Nokia?”. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling terhadap 30 orang responden, Sedangkan populasi yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa S-1 Reguler UPN “Veteran” Jawa Timur. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan metode Partial Least Square. Hasil pengujian pada tabel outer weight menunjukkann bahwa indikator Trend signifikan karena nilai t statistiknya di atas 1,96 (pada Z á = 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa indikator Trend adalah indikator yang paling dominan dibanding dengan indikator lainnya untuk mengukur variabel Ekuitas Merek. Nilai R2 = 0,385. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa model tidak terlalu baik, yaitu mampu menjelaskan fenomena minat beli sebesar 38,50 %. Sedangkan sisanya (61,50 %) dijelaskan oleh variabel lain (selain ekuitas merek) yang belum masuk ke dalam model dan error. Artinya minat beli dipengaruhi oleh ekuitas merek sebesar 38,50% sedang sebesar 61,50% dipengaruhi oleh variabel selain Ekuitas Merek, Jadi Ekuitas Merek berpengaruh signifikan positif terhadap Minat Beli Smartphone Nokia. Kata Kunci: Ekuitas Merek Dan Minat Beli

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 02 Apr 2014 12:35
      Last Modified: 02 Apr 2014 12:36
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5238

      Actions (login required)

      View Item